--> 8 Cara Tingkatkan Performa Windows 10 Kamu - pediainfo.com

8 Cara Tingkatkan Performa Windows 10 Kamu

cara atasi windows 10 lambat

Windos 10 merupakah salah satu sistem operasi terbaru dan terstabil yang paling banyak digunakan hingga saat ini. tampilan windows 10 lebih bagus jika dibandingkan dengan para pendahulu nya. system requirement windows 10 juga tidak terlalu tinggi sehingga ramah untuk laptop atau desktop lawas.

namun pernahkah kamu merasa windows 10 lambat atau lemot ? hal ini bisa diatasi dengan cara yang mudah. pediainfo telah menyiapkan cara untuk meningkatkan performa windows 10 kamu. yuk mari simak ulasan berikut.

1. Power Option Setting

Langkah pertama, kami akan menunjukan kepada anda sesuatu hal yang sangat penting yang mungkin belum kamu ketahui sebelum nya yaitu melakukan pengaturan power option. hal untuk meningkatkan kinerja sistem windows menggunakan pengaturan opsi daya yang bisa diatur melalui control panel.

mari kita mulai, pertama klik kanan pada icon baterai disudut kanan bawah kemudian pilih power option.
windows power option setting
selanjutnya kamu akan melihat tampilan seperti dibawah ini, pada umum nya windows akan memilih Balanced Mode secara default untuk menghemat penggunaan baterai. namun jika kamu mau performa lebih kamu bisa mengaktifkan performance mode lalu klik change plan setting.

atur minimum processor state mejadi 1% dan maximum power state menjadi 100% lalu klik apply.
mengatur processor state
cara pertama berhasil dilakukan, sekarang kamu bisa melakukan cara selanjut nya.

2. Defragment and Optimize Drives

defragment dan optimize drive dapat dilakukan dengan aplikasi bawaan windows ataupun aplikasi pihak ketiga yang dapat kamu install. cara ini hanya di gunakan pada hardisk saja dan harap hindari cara ini jika kamu sudah menggunakan SSD. mari kita mulai, 

buka start menu dan ketik Defragment and Optimize Drives.
cara disk defragment

kamu akan melihat tampilan seperti ini, lalu pilih drive yang ingin kamu optimasi. perlu di ingat jangan melakukan defragment ke SSD. HDD dan SSD memiliki cara kerja yang berbeda sehingga saya tidak merekomendasikan untuk melakukan cara ini ke SSD.

disk defragment

3. Disable Start Up Program

untuk melakukan cara ini kamu hanya perlu membuka task manager dengan cara klik kanan pada taskbar lalu pilih task manager. 

stop start up
pada tab starup kamu akan melihat aplikasi apa saja yang akan berjalan secara otomatis ketika booting laptop dilakukan. tidak semua aplikasi wajib berjalan secara otomatis karena anda tidak benar benar menggunakan nya.

terlalu banyak startup program menyebab kan waktu booting menjadi lebih lambat dan sistem tidak berkerja secara optimal karena ram digunakan oleh aplikasi yang tidak digunakan.

anda bisa men-disable aplikasi yang tidak di inginkan dengan cara klik pada aplikasi kemudian klik disable.

4. Hapus File Tidak Penting

Menghapus file tidak penting dapat memberikan ruang ekstra pada storage dan mengurangi beban sistem. anda bisa menggunakan aplikasi seperti CC Cleaner atau menghapus file secara manual melalui Windows Run.

untuk menghapus file secara manual kamu bisa ikuti langkah berikut :

tekan windows + r dan ketik %temp% kemudian klik ok

hapus file tidak penting

kamu akan melihat kumpulan file yang sudah tidak dipakai namun tetap tersimpan didalam storage. lalu pilih semua file dengan cara CTRL + A kemudian tidak Shift + Del untuk menghapus secara permanen.
hapus permanen

sedikit tips dari saya, selalu hapus semua file dari Recycle Bin. meskipun terlihat konyol namun setiap orang yang saya perhatikan tidak pernah menghapus recycle bin.
Tips : selalu hapus file dengan perintah Shift + Del agar file tidak tersimpan kedalam recycle bin

5. Disk Clean Up

Fitur ini tersedia disetiap PC windows, digunakan untuk membersihkan sampah file di sistem anda. lakukan cara berikut untuk melakukan disk clean up :

buka explorer, kamu akan melihat hard drive  yang terpasang. kemudian klik kanan pada salah satu hard drive  dan pilih properties. klik disk clean up.

disk cleanup

6. Registry Tweak

regedit adalah

pada langkah ini saya menunjukan kepada kamu bagaimana cara men-tweak registry untuk
mempercepat kinerja windows 10 kamu.mari ikuti langkah berikut :

tekan Windows + R untuk membuka menu RUN dan ketik regedit dan klik ok, selanjut nya kamu akan melihat registry window.

regedit

pada menu regedit pilih folder HKEY_CURRENT_USER > Control Panel > Mouse. klik mouse dan cari MouseHoverTime dan ubah Value data dari 400 ke 10 dan klik ok.

langkah selanjut nya pilih folder desktop dan cari MenuShowDelay

regedit

kemudian ubah value data dari 400 ke 10.

selanjut nya masuk ke dalam folder HKEY_LOCAL_MACHINE > Software > Microsoft > Windows NT > CurrentVersion > Multimedia > SystemProfile dan pilih SystemResponsiveness. atur seperti gambar dibawah ini.

regedit
masih didalam direktori yang sama, sekarag cari folder games dan pilih GPU priority dan atur seperti dibawah ini
regedit windows 10
masih didalam direktori yang sama, pilih priority dan atur seperti gambar dibawah 

atur regedit

7. Kurangi Runtime Service

Cara ini bagus untuk mencapai kinerja windows yang lebih baik dengan cara mengurangi beberapa layanan yang tidak di inginkan. untuk melakukan nya kamu bisa ikuti cara dibawah ini :

pertama kamu perlu membuka menu run dengan cara tekan tombol Windows + R pada keyboard dan ketik msconfig dan klik ok

kurangi runtime services

ceklis Hide all Microsoft Service agar tidak menggangu jalan nya sistem windows, selanjut nya pilih service mana saja yang ingin kamu hentikan, ini sama seperti cara mendisable startup program pada langkah sebelum nya. 

tidak usah khawatir jika anda mengalami hal yang tidak di inginkan, karena pengaturan ini dapat dikembalikan seperti semula, kemudian klik ok lalu pilih menu restart.

8. Kurangi Efek Windows

mengurangi windows efek merupakan langkah terakhir yang bisa kamu coba untuk mengoptimalkan kinerja windows yang lebih cepat. untuk menghilangkan efek pada windows ikuti langkah berikut 

buka this pc, kemudian klik kanan pada this pc dan pilih properties kemudian pilih advanced system setting pilh tab advanced dan atur seperti gambar dibawah ini, atau kamu bisa gunakan mode best performance yang telah disediakan oleh windows.

windows 10 tanpa efek

Belum ada Komentar untuk "8 Cara Tingkatkan Performa Windows 10 Kamu"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel