-->

Iklan adsense

Cara Mempercepat Koneksi Jaringan Internet Lemot di HP Android Termudah

Cara Mempercepat Koneksi Jaringan - Hampir seluruh orang memiliki HP android dan digunakan setiap hari nya. perkembangan fitur dan aplikasi android sangat cepat, mulai dari aplikasi hiburan, pekerjaan, permainan dan aplikasi menarik lain nya.

Namun semua kecanggihan hp android seperti tidak berguna jika tidak terhubung ke koneksi jaringan internet. aplikasi seperti zoom meeting, Google meet dan game online sangat bergantung dengan koneksi internet yang cepat dan lancar. Lalu, bagaimana cara mempercepat koneksi internet di android yang lemot tersebut? mari simak artikel dibawah ini.

1. Blokir Iklan Tidak Penting

Beberapa situs memang iklan yang terlalu banyak biasa nya sangat menjengkel kan pengguna, karena memperlambat kecepatan pemuatan konten dan mengganggu kenyamanan pengguna jika terlalu banyak. apalagi jenis iklan pop up yang akan muncul hanya dengan sekali klik.

Untuk mengatasi hal tersebut anda bisa gunakan aplikasi adblocker yang bisa di unduh melalui google play store atau jika anda menggunakan laptop, anda bisa memasang ekstensi tambahan melalui chrome store.

2. Ubah DNS

DNS merupakan kepanjangan dari Domain Name System, di mana DNS tersebut berfungsi untuk mengubah alamat IP menjadi alamat Domain. kita akan lebih mudah mengingat sebuah situs jika memasukan alamat url dengan tulisan dari pada mengetikan angka angka ip yang sulit di ingat.

Ternyata DNS ini sendiri juga bisa mempengaruhi kecepatan akses dari jaringan internet di HP android. 

Salah satu DNS tercepat dan banyak digunakan yakni DNS Google yakni 1.1.1.1. Mengenai cari mengubah DNS di HP android selengkapnya, sebagai berikut: 

  • Masuk ke menu Pengaturan HP android. 
  • Pilih opsi Koneksi.
  • Scroll ke bawah, temukan opsi private dns.
  • Klik Private dns, dan pilih dns custom

3. Menggunakan Aplikasi VPN

Cara untuk mempercepat koneksi internet adalah dengan menggunakan virtual private network atau biasa disingkat VPN.

banyak aplikasi VPN yang dapat di unduh melalui google play, mulai dari virtual private network yang gratis hingg vpn yang mewajibkan anda untuk berlanggan untuk mendapatkan fitur keamanan dan kecepatan yang lebih dibanding versi gratis.

dibawah ini adalah beberapa daftar vpn android terbaik menurut androidauthority.

VPN Terbaik Android 

  1. TunnelBear
  2. Kaspersky VPN Secure Connection
  3. Hotspot Shield VPN
  4. Avira Phantom VPN
  5. Hide.me
  6. Speedify
  7. Windscribe
  8. ProtonVPN
Cara menggunakan vpn sangat mudah, cukup download aplikasi tersebut dan biasa nya anda bisa langsung memilih negara dan dalam satu klik vpn akan aktif secara otomatis. namun perlu diperhatikan ada beberapa vpn yang berbayar, namun biasa nya anda diberikan trial selama 7 hari untuk mencoba sebelum memutuskan untuk berlangganan.

4. Menghapus Cache

Alternatif lain untuk mempercepat koneksi internet di smartphone yakni dengan membersihkan file cache yang menumpuk. Cache adalah  data yang tersimpan sementara di aplikasi, sehingga ketika ingin mengakses data tersebut dilain waktu dapat dilayani lebih cepat.

Namun, jika dibiarkan menumpuk dalam waktu lama, cache juga bisa menyebabkan koneksi internet lemot. Selain itu, dalam kondisi lain cache juga bisa menjadi penyebab aplikasi android memuncul kan beberapa error yang tidak di inginkan. 

Untuk menghapus cache bisa ikuti langkah berikut :

  • Buka menu utama.
  • Klik dan tahan aplikasi yang ingin dihapus cache nya selama beberapa detik.
  • arahkan ke app info atau langsung klik app info, karena berbeda beda setiap versi android.
  • pilih storage usage
  • klik clear cache

5. Aktifkan Mode 4G Only

Cara mengatasi jaringan yang berubah ubah adalah dengan mengatur ponsel untuk menerima jaringan 4G saja atau 4G Only. namun pada android 11 menu untuk mengakses 4G only sulit untuk dilakukan karena banyak aplikasi yang belum compatible dengan android versi terbaru.

Setalah mencoba beberapa aplikasi di play store  akhir nya saya menemukan aplikasi yang cocok dengan android 11 yaitu 4G LTE Only Mode.

Cara menggunakan aplikasi ini sangat mudah cukup sekali tap dan pengaturan tersembunyi akan dapat di akses. ikuti langkah berikut :
  • Buka aplikasi 4G LTE Only Mode
  • Ketuk Open Advanced Hidden setting
  • Scroll kebawah dan ganti Set prefered network type dengan LTE Only
  • Tutup Aplikasi
  • 4G LTE Only telah aktif
Namun sayang nya tidak merk android mendukung aplikasi tersebut, untuk informasi lengkap mengenai cara 4G only di android 11 anda bisa baca melalui link berikut.
Cara 4G Only Android 11

 Nah itulah 5 Cara mempercepat koneksi jaringan internet lemot di hp android yang paling ampuh, namun jika masih masih belum maksimal anda bisa mencari tempat yang lebih terbuka untuk mendapatkan kualitas sinyal yang lebih baik.

0 Response to "Cara Mempercepat Koneksi Jaringan Internet Lemot di HP Android Termudah"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

close