-->

Iklan adsense

Training of Trainer E-Learning Bagi Admin Di Sekolah Tinggi Agama Islam Lukman Edy Pekanbaru

Training of Trainer E-Learning Bagi Admin Di Sekolah Tinggi Agama Islam Lukman Edy Pekanbaru

Pada yayasan laman emas riau bangkit memeiliki banyak jenjang pendidikan di bawahnya seperti pendidikan Sekolah Tinggi Agama Islam Lukman Edi (STAILe), yang mana terdapat 2 program study yaitu : Hukum Keluarga & Perbankan Syariah

Masa pandemic seperti saat ini membuat segala sektor usaha dan bisnis menjadi terganggu, begitu juga berdampak kepada dunia pendidikan. Banyak sekarang sistem pembelajaran maupun sistem perkuliahan beralih menjadi online dikarenakan mengikuti protokol kesehatan yang sudah di canangkan oleh pemerintah. 

Wacana dari pemerintah itulah yang mendasarkan munculnya proposal ini.wabah yang kita tidak tahu sampai kapan habisnya ini membuat metode dan sistem pembelajaran menjadi berubah 180 drajat, pelatihan yangan akan di taja ini menitik beratkan kepada kesiapan admin untuk dibekali pengetahuan dasar di dalam tool-tools yang terakit pada sistem E-learning yang sudah di create sebelumnya, dan bertujuan untuk memberi bekat sebagai trainer di lingkungan kampus mitra nantinya. 

E-learning kampus secara umum dapat menyelamatkan keberlangsungan sebuah institusi pendidikan, dikarenakan adanya aplikasi yang dapat menopang keberlangsungan proses kegiatan belajar mengajar. Walaupun secara daring tetapi nuansa belajar masih bias dirasakan di masa pandemi ini.

Sebagai mitra dalam pelaksanaan kegiatan Program Kemitraan Masyarakat (PKM) pada pengabdian masyarakat ini yang lebih dikenal dengan istilah Ibm adalah Sekolah Tinggi Agama Islam Lukman Edy (STAILe) Pekanbaru, kecamatan Marpoyan Damai, Kota Pekanbaru.yang beralamat lengkap di Jl. Duyung No.34, Tangkerang Barat, Kec. Marpoyan Damai, Kota Pekanbaru, Riau kode pos 28124 dengan nomor telfon (0761) 572761. Berdasarkan analisis situasi dapat teridentifikasi beberapa permasalahan yang dihadapai oleh mitra, yaitu:

  1. Susahnya proses belajar mengajar dikarenakan pandemi.
  2. Pemahaman dalam pemakaian fitur E-learning yang sudah ada
  3. Kurang nya pengetahuan yayasan serta pihak kampus terhadap IT.
  4. Media meeting yang digunakan saat ini tidak dapat menyimpan data pembelajaran seperti : bahan dan materi ajar, soal-soal dan quiz perkuliahan.

Solusi dari kegiatan Program Kemitraan Masyarakat (PKM) ini adalah perancangan sekaligus pengembangan (development) aplikasi E-learning dengan cara penginstallan LMS moodle aplikasi.

Pelatihan yang akan di berikan ke pihak yayasan dapat menerapkan LMS (learning Manajemen Sistem) ke unit di bawah yayasan YLERB, terkhusus pada STAILe (Sekolah Tinggi Agama Islam Lukman edy) Pekanbaru riau. 

Sekolah Tinggi Agama Islam Lukman Edy Pekanbaru

Aplikasi akan kami tanamkan di host komputer induk yayasan ataupun di komputer kampus yang bertujuan sebagai pusat central data elearning kedepannya dengan cara membeli hosting dan domain sehingga nantinya mahasis maupun peserta didik lainnya bias mengakses dimanapun.

Target luaran dari kegiatan Program Kemitraan Masyarakat (PKM) ini adalah terciptanya nuansa akademis yang lebih berkualitas ditinjau dari berbagai aspek pembelajaran Online, termasuk didalamnya adalah:

  1. Pihak kampus dapat menerapkan pembelajaran daring dengan sistem yangada, dan dapat menjadi kampus merdeka sesuai harapan pak mentri
  2. Yayasan dapat berkontribusi didalam dunia pendidikan dengan mewujudkan sistem pembelajaran daring baik di masa pandemi covidmaupun di keadaan lingkungan yang normal.
  3. Adanya produk E-learning ini dapat mendongkrak jumlah mahasiswa / peserta didik dengan berbasis mutu tecknopruneurship sehingga membuatkompetitor akan susah dan sulit untuk menyaingi dan mendahului.

Berdasarkan penggalian informasi awal terhadap mitra Program Kemitraan Masyarakat, terdapat beberapa tawaran solusi penyelesaiannya sebagai berikut:

  1. Pembentukan atau pembinaan dari yayasan mengenai device / perangkat yanga akan disediakan oleh yayasan diharapkan dapat mengatasi permasalahan pembelajaran dan mampu menjadi wahana dalam memfasilitasi pengembangan profesionalisme para pendidik maupun peserta didik di kampus mitra.
  2. Menambah pengetahuan dan keterampilan para pendidik dan peserta didik di kampus mitra tentang pemanfaatan IPTEKS dalam LMS E-Learning yang inovatif.
  3. Memotivasi mahasiswa untuk tetap bersemangat dalam berkuliah, begitu sebaliknya untuk dosen maupun tenaga pendidik lainnya.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel