Apa itu E-SIM ? Mengenal Teknologi E-SIM Pada Smartphone

Mengenal Teknologi E-sim

Apple Resmi memperkenalkan 3 iPhone terbaru mereka, diantara nya iPhone Xs dan iPhone Xs yang dibekali dengan dual sim. ini pertama kali nya iPhone Menggunakan Fitur Dual Sim. Unik nya iPhone Menggunakan E SIM untuk fitur Dual Sim mereka. lalu apa itu e-sim ?

Apa Itu E-SIM ?


eSIM adalah singkatan dari embedded SIM, dalam artian SIM yang tertanam (dalam konteks tertanam di perangkat elektronik dengan kemampuan menangkap data seluler). Ukuran eSIM lebih kecil dari kartu SIM biasa dan sementara ini hanya dapat digunakan untuk menangkap data seluler, meskipun tidak menutup kemungkinan dapat digunakan juga untuk menelepon melalui sistem jaringan GSM. Di negara-negara yang mendukung eSIM.

sistem ini memiliki keistimewaan lain, yaitu dapat memanfaatkan jaringan operator lain. Ini memungkinkan tangkapan sinyal yang stabil dan juga beralih antar akun langganan (di AS kita perlu berlangganan data untuk eSIM) dengan mudah. Karena ukurannya, eSIM juga memungkinkan perangkat memiliki ukuran lebih kecil dan ringkas. Apple Watch 3 adalah salah satu contoh pemanfaatan eSIM dalam sebuah perangkat berukuran kecil.

Apa Kelebihan E-SIM


  1. Pertama, kamu tidak usah pasang dan lepas SIM. Karena untuk mengaktifkan eSIM ini, kamu tinggal masukin saja disetting.Dan eSIM bakal langsung aktif dan siap untuk digunakan.
  2. Kedua, eSIM sangat praktis. Terutama untuk weareable device seperti smartwatch karena eSIM langsung tertanam di device. Jadi cocok buat device yang berukuran kecil, contohnya saja Apple mulai dari Apple Watch 3 ini sebenarnya sudah ada eSIM didalamnya.
  3. Ketiga, eSIM ini bakal memudahkan manufaktur dalam melakukan desain smartphone, tablet, smartwatch dan beragam device yang lain. Karena mereka gak perlu lagi menyediakan SIM slot.

Kekuarangan e-sim


  1. Pertama, ini khususnya buat kita yang di Indonesia. Sekali lagi sampai saat ini belum ada satu pun operator yang support eSIM.
  2. Kedua, eSIM susah kalau ganti-ganti nomor. Tahu sendiri kan, misal kalau kita pakai SIM Card kalau kita mau ganti nomor kan mudah banget. Kamu tinggal lepas saja SIM Card lama dengan yang baru. Tapi kalau eSIM , kamu harus kontak dulu ke layanan operator untuk minta data aktivasi atau pun OR Code dari operator baru deh kamu bisa masukin ke pengaturan nya.

Apa Perbedaan E-Sim dengan Sim Card Biasa ?

jika kamu pengguna Iphone pasti sudah tidak asing dengan istilah E-Sim(Embedded SIM Card). Teknologi ini sangat berbeda dengan sim card pada umum nya karena E-Sim sudah terpasang langsung didalam Device ponsel kamu dan tidak bisa di lepas sesuka hati.

sedangkan sim card pada umum nya dapat kamu lepas sesuka hati jika ingin mengganti nomor atau sedang dalam kondisi tertentu. namun e-sim jauh lebih efisien dan praktis karena teknologi ini sudah kompatibel ke seluruh operator internet namun sayangnya di indonesia belum banyak operator yang mendukung teknologi ini. 


Alfin Aswar saya alfin, seorang penulis blog pribadi

Belum ada Komentar untuk "Apa itu E-SIM ? Mengenal Teknologi E-SIM Pada Smartphone"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

loading...

Iklan Bawah Artikel