apa itu SSD?apakah hardisk laptop bisa diganti SSD ?

ssd adalah
Secara umum ada dua jenis media penyimpanan yang masih sering digunakan yaitu HDD dan SSD.

dan ketika seseorang ingin merakit komputer atau updrage media penyimpanan mereka akan bertanya, mending SSD atau HDD ya? mana yang lebih cepat? SSD mahal gak ya? apa perbedaan SSD dan HDD?

jika anda bingung menentukan hdd atau ssd, semoga tulisan ini dapat menjawab semua pertanyaan orang orang diluar sana.

Faq :
  1. Apa fungsi SSD pada laptop ?
  2. Apa bedanya HDD dan SSD ?
  3. Mengapa SSD cepat ?
  4. Apakah hardisk laptop bisa diganti SSD ?

Apa itu SSD ?

SSD adalah singkatan dari Solid State Drive. SSD merupakan tempat penyimpanan data yang memiliki cara kerja yang sangat berbeda dengan HDD. Penjelasan paling mudah untuk SSD adalah di dalamnya, hanya terdapat chip memori yang biasa kita temukan di flash disk. Sehingga, SSD tidak memiliki bagian yang bergerak dan tidak seperti HDD yang di dalamnya bergerak.

Kelebihan SSD ?

1. Ringan
Ukuran SSD  lebih kecil dibandingkan Hardisk tentu ukuran nya yang kecil juga berpengaruh ke bobot nya. dan kebanyakan laptop tipis dan ringan sudah mulai meninggalkan hardisk dan mulai beralih ke SSD untuk membuat laptop menjadi lebih ringan dan elegan.

2. SSD lebih cepat
HDD memiliki cara kerja dengan menggerakkan piringan berputar yang ada di dalam HDD untuk membaca data. Namun berapapun kecepatan piringan  itu bergerak, tidak bisa menandingi kecepatan listrik. SSD bisa membaca dan menulis jauh lebih cepat dibandingkan HDD.

Kekurangan SSD ?

Harga Mahal
Salah satu kekurangan SSD adalah harga nya yang cukup mahal. bayangkan saja ssd 120 GB dijual dengan harga Rp.380.000 dan yang berukuran 1 TB dijual kisaran Rp.1.500.000 hingga Rp.2.000.000.

sedangkan hardisk berukuran 1 TB rata rata dijual sekitar Rp.600.000 hingga Rp.1.000.000 saja.

ssd dan hardisk

Apa fungsi SSD ?

SSD berfungsi layak nya hardisk pada umum nya. namun kecepatan SSD jauh diatas hardisk. selain perbedaan kecepatan cara kerja kedua media penyimpanan ini juga berbeda. jika pada hardisk masih menggunakan piringan yang terus berputar untuk melakukan read and write atau membaca dan menulis data, sedangkan pada SSD sudah menggunakan Chip seperti pada flashdisk namun kecepatan nya berbeda. 

pada umum nya ssd berfungsi untuk menjalankan sistem operasi windows. karena laptop atau komputer akan beroperasi lebih cepat dan optimal ketika menggunakan SSD.

Apakah hardisk laptop bisa diganti SSD?

laptop beberapa tahun terakhir rata rata sudah menggunakan SSD sebagai media penyimpanan utama walaupun masih ada beberapa laptop yang masih menggunakan hardisk biasa namun sudah disediakan slot untuk menambah ssd.

lalu bagaimana jika laptop anda tidak mempunyai slot khusus untuk upgrade ssd ? jika tidak mempunyai slot khusus anda bisa mengganti cd/dvd rom dengan SSD. bagaimana cara nya? ikuti tips berikut :

alat :
  1. HDD caddy (sesuaikan dengan ukuran laptop)
  2. SSD 2,5 inch
langkah :
  1. lepaskan cd atau dvd rom
  2. pasang ssd ke HDD cady
  3. pasang HDD caddy ke laptop
apakah saya perlu melakukan install ulang setelah upgrade ssd ? tidak. anda bisa melakukan migrasi sistem operasi dari hardisk ke ssd dengan mudah. ada banyak cara di youtube. 

terimakasih telah membaca artikel apa itu SSD?apakah hardisk laptop bisa diganti SSD ? semoga bisa menjawab pertanyaan anda mengenai ssd.
Alfin Aswar saya alfin, seorang penulis blog pribadi

Belum ada Komentar untuk "apa itu SSD?apakah hardisk laptop bisa diganti SSD ?"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

loading...