-->

Iklan adsense

Cara menggunakan google classroom di laptop dan hp

cara pakai google classroom


Tahun ajaran baru 2020/2021, sebagian besar pelajar di seluruh Indonesia harus belajar secara daring dengan aplikasi classroom. sekolah menggunakan berbagai macam platform belajar online Salah satu yang banyak digunakan adalah Google Classroom. Platform ini populer di kalangan guru dan peserta didik sejak pandemi.

google selaku pengembang menjelaskan bahwa classroom dapat membantu guru dan murid untuk mengatur tugas dan meningkatkan komunikasi yang baik.

google classrom bisa di akses melalui aplikasi dan website tentu ini sangat memudahkan siswa yang tidak memiliki laptop untuk mengakses kelas room.

cara menggunakan google classroom di hp dan laptop sangat mudah, cara nya bisa ikuti langkah berikut ya.

HP dan Laptop atau Website

sebelum masuk ke pembahasan utama, google classroom dapat di akses melalui aplikasi yang dapat di unduh di smartphone yaitu "Google Classroom" atau melalui website (jika menggunakan laptop). 

aplikasi ini membantu siswa yang tidak mempunyai laptop untuk tetap dapat mengakses google kelas. fitur yang tersedia di versi mobile tidak jauh berbeda  bahkan sangat mirip dengan versi website, jadi kamu tidak akan kesulitan selama kegiatan belajar mengajar.

Login

Pertama yang perlu kamu lakukan adalah login ke https://classroom.google.com/. pastikan kamu sudah punya akun google ya. jika belum buat akun google terlebih dahulu. jika kamu menggunakan smartphone biasa nya aplikasi google classroom akan memilih akun utama yang akan digunakan.

Bergabung ke kelas

sebagai siswa kamu akan diminta bergabung ke ruang kelas yang telah dibuat oleh guru mata pelajaran masing masing. untuk bergabung kamu perlu kode kelas yang diberikan pengajar. ikuti cara berikut untuk bergabung ke kelas.
  1. login ke https://classroom.google.com/
  2. klik ikon plus atau + dipojok kanan atas
  3. pilih gabung ke kelas
  4. masukan kode kelas yang diberikan oleh pengajar
setelah berhasil bergabung ke kelas kamu dapat melihat tugas dan mengerjakan tugas yang telah diberikan oleh pengajar dikelas tersebut.

Melihat tugas kelas

pengajar telah memberikan tugas dan materi lalu bagaimana cara siswa melihat dan mengumpulkan tugas? ikuti cara berikut untuk melihat tugas kelas.
  1. login ke https://classroom.google.com/
  2. pilih kelas
  3. pada menu atas, pilih tugas kelas
  4. kemudian pilih salah satu tugas yang akan dikerjakan
kamu bisa mengunduh dokumen tugas yang sudah diberikan oleh pengajar jadi kamu tidak perlu menggunakan kouota internet untuk membaca ulang materi atau tugas.

dengan mengunduh materi kamu dapat menghemat paket data selama kegiatan belajar dari rumah masih diterapkan. 

Mengirim tugas kelas

google classroom

setelah selesai mengerjakan tugas siswa diminta untuk mengumpulkan tugas ke forum kelas.cara mengirim tugas ke google classroom bisa kamu lakukan seperti cara dibawah.
  1. login ke https://classroom.google.com/
  2. pilih kelas
  3. pada menu atas, pilih tugas kelas
  4. kemudian pilih salah satu tugas yang akan dikerjakan
  5. piliih tambah atau buat
  6. lampirkan file jawaban seperti docx atau pdf
  7. selanjut nya tandai sebagai selesai
google classroom juga menyediakan lampiran file dari google drive atau pun link dari sebuah website. setelah mengumpulkan tugas guru akan melihat tugas kamu dan akan memberikan nilai.

Cara keluar dari kelas

jika kelas sudah tidak digunakan lagi karena sudah berganti mata pelajaran atau karena hal lain kamu dapat keluar dari kelas atau menghapus nya. tentu ini sangat berguna karena tampilan beranda kelas mu tidak akan penuh oleh kelas yang sudah tidak dipakai lagi.

untuk keluar dari kelas kamu harus login terlebih dulu, jika sudah pergi ke halaman beranda kelas dan kamu akan melihat daftar kelas yang pernah kamu pakai, kemudian klik titik tiga pada pojok kanan atas kelas dan pilih batalkan pendaftaran.

selanjut nya kamu akan melihat peringatan dan pilih batalkan pendaftaran. kamu telah berhasil keluar dari kelas.

hati hati, jangan sampai salah pilih kelas yaa..

Berkomentas di kelas

siswa dapat memberikan komentas di forum kelas jika fitur ini di aktifkan oleh pengajar. fitur komentar dapat kamu manfaat kan untuk tanya jawab seputar materi yang telah diberikan. selain itu fitur ini memungkinkan kamu untuk berdiskusi dengan anggota kelas lain.

tapi jangan salah gunakan fitur ini untuk melakukan spam yaa.. karena itu dapat mengganggu anggota kelas lain nya. jadi bijak lah dalam menggunakan fitur ini.

bagikan artikel ini ke teman teman mu biar yang lain tahu bagaimana cara menggunakan google classroom dari hp maupun laptop yaa..

0 Response to "Cara menggunakan google classroom di laptop dan hp"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

close