-->

Iklan adsense

Definisi dan Pengertian Web Browser Lengkap Dengan Contoh

pengertian web browser

Hidup di era digital mencari sebuah informasi adalah hal yang sangat mudah untuk dilakukan, bermodal ponsel, internet dan peramban anda sudah dapat sebuah informasi.

peran web browser menjadi sangan penting karena menjadi penghubung antara pengguna dan dunia maya atau internet.

sekarang sudah ada berbagai macam peramban yang tersedia dan masing masing memiliki ciri khas tersendiri.

berikut definisi dan contoh peramban web terbaik saat ini.

Definisi

Web browser, atau "browser," adalah aplikasi yang digunakan untuk mengakses dan melihat situs di internet dari smartphone ataupun komputer. mesin penelusur yang umum digunakan adalah Microsoft Internet Explorer (Microsoft edge), Google Chrome, Mozilla Firefox, dan Apple Safari.

Fungsi Peramban

Fungsi utama web browser adalah menerjemahkan kode HTML(Hypertext Markup Language), kode yang digunakan untuk mendesain dan membuat sebuah halaman web. Setiap kali memuat halaman web, ia memproses HTML, yang dapat mencakup teks, tautan (link), dan referensi ke gambar dan item lainnya.

selain itu web browser juga mempunyai fungsi untuk :

  • Menampilkan dan mencetak konten Web di Internet atau intranet
  • Menampilkan, mencetak, dan menyimpan file di Internet atau intranet
  • Mengunggah data Internet atau intranet
  • Memudahkan mencari informasi

Macam Macam Browser Modern

1. Google Chrome

Google Chrome adalah aplikasi browser yang digunakan untuk menjelajahi internet sama seperti mozilla, microsoft edge dan lain nya. google chrome banyak digunakan di windows dan juga android.

chrome telah mendukung berbagai macam kode yang digunakan untuk membangun sebuah website.

banyak fitur yang ditawarkan seperti penerjeman otomatis yang memudahkan pembaca untuk menerjemankan blog dengan bahasa asing.

selain itu fitur sinkronasi yang menjadi favorit karena memungkinkan anda untuk mengirim halaman web dari komputer ke smartphone dengan mudah.

2. Mozilla Firefox

awal nya mozilla bernama phoenix dan berubah menjadi mozilla firefox.

mozilla merupakan rival utama google chrome hingga detik ini. seperti tak mau kalah dengan rival nya, mozilla juga telah mendukung berbagai macam kode untuk membangun sebuah website.

fitur private window yang mirip dengan incognito pada chrome juga ada di sini. mengaktifkan private window membuat peramban tidak akan menyimpan aktifitas penelusuran seperti histori pencarian.

fitur fitur dasar seperti bookmark, search bar, ekstensi, bisa anda gunakan dengan mudah dan gratis.

3. Opera

Opera adalah peramban internet gratis yang tersedia untuk smartphone dan komputer. Opera bisa digunakan pada platform windows, macOS, dan linux, dan untuk versi mobile bisa digunakan pada android dan iOS.

opera terkenal sebagai peramban hemat memory ram dan kecepatan akses nya juga cepat. jika dibandingkan dengan chrome operas jauh lebih hemat memory.

fitur opera turbo dapat dimanfaat kan ketika sinyal kamu lagi jelek atau wifi lemot. opera turbo akan mempercepat loading website hingga 15 persen dengan menggunakan teknologi kompresi opera turbo.

4. Microsoft Edge

microsoft edge merupakan pengganti sekaligus penerus dari peramban utama windows yaitu internet explorer. resmi dirilis pada tanggal Juli 2015, peramban ini menggantikan internet explorer sebagai peramban baku pada Windows 10.

0 Response to "Definisi dan Pengertian Web Browser Lengkap Dengan Contoh"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

close