-->

Iklan adsense

6 Tools Aplikasi Google yang Wajib Digunakan Seorang Blogger

aplikasi blogger

Google merupakan mesin pencari terbesar dan terpopuler saat ini. apapun masalah anda pasti google punya solusi nya. jutaan situs dan artikel tersedia disini dan anda dapat mengakses nya dengan mudah.

google telah memberikan beberapa aplikasi yang memudahkan para blogger untuk mengembangkan situs dan berlomba mencapai halaman pertama google. dari banyak nya aplikasi itu akan saya rangkum menjadi 6 aplikasi google yang wajib digunakan seorang blogger.

1. Google Trends

Google trends merupakan layanan grafik statistik pencarian Web yang menampilkan popularitas topik pencarian pada kurun waktu tertentu. Hasil dapat ditampilkan menurut kota, wilayah atau bahasa. Berita-berita terkait topik yang menjadi tren juga ditampilkan di sini.

google trends memudahkan anda mencari topik atau kata kunci untuk menulis artikel baru. dan usahakan selalu memilih topik yang sedang trending agar artikel anda mudah ditemukan oleh pembaca.

2. Keyword Planner

Sebenarnya aplikasi ini tidak ditujukan untuk blogger melainkan untuk publisher iklan. namun ternyata aplikasi ini juga sangat membantu para blogger untuk menentukan kata kunci dan tingkat persaingan. tidak hanya itu aplikasi ini juga menampilkan jumlah volume pencarian setiap bulan dari masing masing kata kunci.

3. Web  Master Tools

pasti anda sudah tidak asing lagi dengan tools satu ini. biasa nya aplikasi ini lebih dikenal dengan sebutan google search console. aplikasi ini berfungsi untuk submit sitemap dan url artikel anda supaya terindex di mesin pencari google.

selain itu anda juga bisa melihat laporan kinerja website anda selama beberapa bulan, anda bisa melihat berapa banyak jumlah tayangan dan jumlah klik pada website anda. 

4. Adsense

Mempunyai adsense adalah keinginan seorang blogger dan youtuber saat ini. hanya dengan membuat artikel dan menayangkan iklan kamu dibayar oleh google. tentunya bayaran untuk setiap blog berbeda beda.

namun mendaftar adsense tidak lah mudah anda harus bersabar dan tidak boleh menyerah ditengah jalan karena google perlu waktu untuk melakukan review ke website anda apakah sudah layar untuk menampilkan iklan atau belum.

5. Google Analytics

Sudah kenal dengan tools satu ini ? jika belum mari kenalan dengan tools gratis dari google ini. google analytics adalah tools gratis buatan google yang biasa digunakan para pengembang website untuk memantau kinerja blog atau website.

informasi apa saja yang ditampilakn oleh google analytics ?

  1. Jumlah visitor
  2. Sumber visitor
  3. Kata kunci
  4. Minat pembaca
  5. Informasi jenis perangkat pembaca
  6. Dan lain lain
sebenarnmya masih ada banyak lagi informasi yang ditampilkan di tools ini namun jika saya sebutkan semua akan memakan banyak waktu.

jika anda memahami setiap informasi yang diberikan tools ini anda akan tahu apa yang harus anda lakukan untuk meningkatkan visitor blog.

6. Google Translate (Opsional)

Sebenarnya ini tidak terlalu penting jika anda membuat konten blog dalam bahasa indonesia, aplikasi ini akan sangat bermanfaat jika anda kesulitan dalam menulis artikel dalam bahasa asing. namun jika ingin menggunakan google translate sebaik nya hati hati karena terkadang bahasa nya tidak enak di denger dan malah terkesan aneh.




0 Response to "6 Tools Aplikasi Google yang Wajib Digunakan Seorang Blogger"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

close