-->

Iklan adsense

Cara Membuat Stop Motion Video Menggunakan Filmora 9

cara membuat stop motion di filmora 9
Beberapa hari lalu saya diminta untuk membuat animasi atau video stop motion, saya berfikir untuk membuat video stop motion timelapse keyboard, tema ini terinspirasi dari channel youtube teknologi dimana mereka menampilkan keycaps yang terlepas dan terpasang dengan sendiri nya, hal ini terlihat keren.

lalu bagaimana cara membuat nya? sebelum mencoba membuat video pertama yuk simak artikel berikut ini,

Apa itu Stop Motion?

Stop Motion adalah teknik pembuatan film animasi di mana objek secara fisik dimanipulasi sedikit demi sedikit di antara frame yang dipotret secara individual sehingga mereka akan tampak menunjukkan gerakan independen atau berubah ketika rangkaian frame diputar ulang. Stop motion dengan aktor live sering disebut sebagai pixilation. Stop Motion dari bahan seperti kertas, kain atau foto biasa disebut animasi potongan.

Sejarah Animasi Stop Motion

Animasi stop motion memiliki sejarah panjang dalam film. Sering digunakan untuk menunjukkan benda bergerak seolah-olah dengan sihir, Contoh pertama dari teknik stop motion dibuat oleh Albert E. Smith dan J. Stuart Blackton Humpty Dumpty The Circus (1898).

Jenis Jenis Stop Motion

1. Tanah Liat (Clay)

Sering disingkat claymation, ini adalah jenis animasi stop-motion di mana masing-masing bagian animasi, baik objek karakter atau latar belakang, menggunakan "deformasi bentuk “ dengan bahan elastis seperti tanah liat.

2. Guntingan (Cutout)

Animasi cutout adalah teknik yang dibentuk dengan menggerakkan potongan lembaran 2 dimensi. Animasi ini dibuat dengan menggunakan karakter datar, alat peraga dan latar belakang dari bahan seperti kertas, kartu, kain yang kaku, benda-benda mati, kain atau bahkan foto. Awal dari film animasi yang dikenal di dunia adalah animasi guntingan dibuat di Argentina oleh Quirino Cristiani

3. Gambar (Graphic)

Animasi grafis adalah variasi dari stopmotion yang lebih konseptual daripada animasi cel tradisional bidang datar dan animasi kertas gambar (cutout). Tapi secara teknis ia termasuk stop motion yang dibuat dengan foto (secara keseluruhan atau sebagian). Animasi grafis dapat dilakukan dengan kamera hanya panning ke atas dan ke bawah dan / atau difoto secara individu, satu per satu. Contoh animasi dengan teknik ini adalah animasi kapur tulis

4. Aktor Hidup (Pixilation)

Pixilation adalah teknik stop motion di mana yang digunakan adalah aktor hidup sebagai subjek frame-by-frame, aktor tersebut berpose berulang kali untuk satu atau lebih frame yang diambil (foto) dan bergerak sedikit demi sedikit ke frame berikutnya. Aktor ini menjadi semacam wayang hidup gerak berhenti dan bergerak. Teknik ini sering digunakan sebagai cara untuk menggabungkanr aktor hidup dengan orang-orang dalam sebuah film animasi, seperti dalam The Adventures Secret Of Tom Thumb oleh Brothers BOLEX. Berikut salah satu contoh film dengan teknik pixilation. 

5. Wayang (Puppet)

Animasi boneka biasanya melibatkan tokoh boneka seperti wayang berinteraksi satu sama lain dalam lingkungan yang dibentuk. Boneka wayang umumnya memiliki tulang rangka untuk menjaga mereka tetap dan mantap serta menghambat mereka agar selalu bergerak pada sendi tertentu. Wayang digunakan dan dipotret setiap kali posisi mereka berubah sedikit demi sedikit untuk membuat gerakan. Dalam animasi ini kita memberikan kehidupan kepada benda mati dan membuat mereka terlihat seperti hidup. Contoh karya dengan teknik ini adalah The Tale of the Fox, The Nightmare Before Christmas, Dragon ball Z Stop Motion - Piccolo VS Trunks.

6. Bayangan (Silhouette)

Animasi guntingan yang dijadikan serangkaian bayangan (hitam) gambar gelap, dan disebut sebagai animasi siluet. Teknik ini dipelopori oleh animator Lotte German Reiniger. Fitur film animasi ini yang panjang adalah The Adventures of Prince Achmed (1926).

Alat dan Bahan

Siapkan alat alat dibawah ini untuk mulai membuat animasi stop motion terbaik

1. Kamera

Sebaik nya gunakan kamera digital, kamera DSLR, Mirrorless jika kamu tidak memiliki kamera tersebut kamu bisa manfaatkan kamera smartphone dengan syarat kamera memiliki resolusi dan kualitas gambar bagus supaya gambar yang dihasilkan terlihat tajam.

2. Tripod

Alat terpenting dalam pembuatan stop motion yaitu tripod, ini berfungsi untuk menjaga kamera dalam posisi bidik yang sempurna. jika tidak ada tripod kamu bisa akali hal ini dengan menumpuk beberapa buku sebagai pengganti tripod.

3. Object

Kamu bebas menentukan objek apa yang akan di potret, kamu bisa gunakan plastisin, mainan robot, gambar berwarna, dan benda lain nya, tergantung tema apa yang ingin kamu buat.

4. Lampu penerangan

Hal ini mungkin diperlukan oleh orang orang profesional dibidang ini, namun jika tidak ada cukup pastikan ruangan tidak terlalu gelap ataupun terlalu terang, mungkin kamu bisa manfaatkan sinar matahari sebagai penerangan utama.

5. Laptop atau Komputer

Laptop akan digunakan untuk editing foto yang telah di buat untuk dibuat menjadi sebuah film pendek. tidak ada spesifikasi khusus yang diperlukan hanya saja pastikan laptop kamu mampu menjalankan software editing video.

Langkah membuat Stop Motion

tutorial stop motion filmora 9

1. Tentukan Tema

Langkah pertama tentukan tema apa yang akan kamu buat, hal ini penting agar proses pembuatan video lebih terarah dan lebih mudah dalam menentukan objek yang akan di foto.

2. Foto Objek

Disini saya menggunakan keyboard sebagai objek, saya melepas keycaps satu persatu kemudian memotret nya menggunakan kamera smartphone, saya melepas keycaps ESC kemudian memotret nya, selanjut nya keycaps F1 kemudian memotret nya kembali, ulangi cara yang sama hingga selesai. total ada 181 foto.

3. Editing

proses selanjut nya adalah editing, disini saya gunakan filmora 9, alasan saya mengugnakan software ini karena aplikasi ini ringan dibanding software editor lain nya. masukan semua foto filmora 9. kemudian masukan seluruh foto ke track video seperti gambar diatas. 

selanjut nya export video ke format mp4 atau formaat lain nya dengan fps max di 24. setelah selesai hasil perpindahan perframe masih lambat jadi hasil render pertama kamu edit kembali di filmora dan tekan Ctrl+R untuk membuka menu speed and duration, atur kecepatan sesuka hati tapi jangan terlalu cepat ya. terakhir render kembali video nya dengan format yang sama yaitu MP4 24FPS.

Kesimpulan

Membuat stop motion sangat mudah, anda hanya perlu memotret setiap gerakan object dan memasukan nya kedalam editor video, dan juga tidak harus menggunakan filmora 9, kamu bisa gunakan aplikasi lain seperti adobe premier, video maker, Adobe AE, Pinnacle studio dan aplikasi lain nya.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel