-->

Iklan adsense

Tips Microsoft Excel yang Harus Diketahui Setiap Pengguna

Tips Microsoft Excel yang Harus Diketahui Setiap Pengguna

Microsoft Outlook, Microsoft Word, dan Microsoft Excel adalah tiga kelas berat dalam suite Microsoft Office. pediainfo telah menunjukkan kamu tips untuk mengatasi masalah pada excel. Dengan semangat yang sama, sekarang pediainfo akan membahas tips penting Microsoft Excel yang harus diketahui setiap pengguna.

Microsoft Excel adalah aplikasi spreadsheet standar industri. Microsoft Excel 2016 banyak sekali fitur yang memungkinkan Anda untu memanipulasi, mengatur, menganalisis, dan memformat data dalam spreadsheet. Meskipun Excel telah banyak digunakan bagi banyak kantor perusahaan, firma riset, dan lembaga keuangan, Excel dapat sama berguna dan kuatnya bagi pengguna sehari-hari. 

Baik Anda pengguna rumahan yang mengelola anggaran rumah tangga, pemilik usaha kecil yang mengelola inventaris, atau guru sekolah yang mencatat kehadiran harian, Excel akan membuat hidup Anda lebih mudah jika Anda belajar menggunakannya. Yuk simak tipsnya.

Hal Penting Untuk Excel 2016

1. Ubah Ukuran Kolom dan Baris

Tips pertama yang terdengar biasa saja namun kadang kamu dihadapi masalah ukuran baris dan kolom yang berbeda beda dan kamu mencoba menyelesaikan nya dengan manual. hal ini akan memakan banyak waktu dan pekerjaan kamu akan tertunda. ada cara mudah untuk mengatasi hal ini, kamu dapat melakukan nya dengan cara :

Blok baris dan kolom yang ingin di atur, kemudian klik 
ubah ukuran baris dan kolom  excel
setelah itu akan muncul dialog box, isi ukuran baris dan kolom yang di inginkan maka secara otomatis seluruh baris dan kolom yang ditandai akan memiliki ukuran yang serupa.

2. Panel Beku

Freeze Panes merupakan istilah yang tidak biasa di dengar orang diluar sana, istilah ini adalah untuk menggambarkan keadaan dimana judul kolom tidak akan bergeser ketika kamu scroll kebawah excel. hal ini memudahkan kamu untuk mengingat letak data agar tetap di kategori / judul kolom yang tepat. untuk melakukan nya lakukan cara berikut :

Tandai panel yang ingin dibekukan kemudian klik view > freeze panes > freeze top row. 

freeze panes

maka hasil nya, jika kamu scroll kebawah baris pertama akan tetap terlihat dan ini akan memudahkan anda untuk mengingat letak data.

panel beku

3. Membuat Teks Miring Keatas

Membuat tulisan miring biasa dapat dilakukan dengan menekan CTRL+I namun berbeda dalam kasus ini, kamu akan membuat orientasi teks yang miring seperti gambar dibawah ini :

Tandai tulisan yang ingin diubah, kemudian klik kanan di kolom tulisan tersebut pilih format cell > kemudian atur orientasi sesuka hati.

orientasi teks keatas excel

4. Melindungi Cell

Jika Anda berbagi sheets dengan pengguna lain, penting untuk mencegah pengeditan yang tidak disengaja. Ada beberapa cara Anda dapat melindungi sheets, tetapi jika Anda hanya ingin melindungi sekelompok sel, inilah cara Anda melakukannya : 

Pertama, Anda perlu mengaktifkan Protect Sheet. Klik menu Review kemudian klik Protect Sheet. Pilih jenis modifikasi yang ingin Anda cegah agar tidak dibuat oleh pengguna lain. Masukkan kata sandi Anda, klik OK lalu klik OK untuk konfirmasi.

melingdungi celll

5. Membuat Nilai Mata Uang

Saat mengolah data angka angka pasti kamu menemukan kolom mata uang namun jangan pernah untuk mengisi tanda mata uang secara manual, contoh kamu memasukan Rp. didepan angka secara manual. ini dapat dilakukan secara otomatis dan tidak akan mengganggu proses pengolahan data.

Pertama tandai kolom nilai uang, kemudian klik format cell dan ubah ke currency setelah itu pilih jenis mata uang.

membuat Rp di excel

6. Lima Fungsi Excel Penting

Lima fungsi excel yang dimaksud adalah fungsi SUM, MAX, MIN, AVERAGE, COUNT. fungsi dasar yang tidak boleh kamu lupakan. fungsi ini sangat sering digunakan baik di tempat pekerjaan maupun saat belajar.

untuk menggunakan fungsi ini cukup mudah, kamu bisa ikuti langkah berikut : 

lima fungsi penting excel

tandai kolom yang ingin di gunakan untuk kelima rumus ini, kemudian di tab home klik tanda panah pada auto sum kemudian, pilih salah satu dari lima fungsi diatas. dan secara otomatis excel akan memunculkan hasil nya.

7. Tombol Panah Tidak Berfungi

Hal paling menjengkelkan saat menggunakan excel adalah arah panah yang tidak berfungsi. tombol panah adalah cara tercepat untuk berpindah atar baris dan kolom namun saat tombol ini tidak berfungsi tentu sangat membuat pusing.

hal ini bukan disebabkan keyboard yang rusak, namun karena tombol scroll lock yang menyala. untuk mengatasi nya kamuu bisa membaca artikel berikut. Cara Mengatasi Tidak Bisa Pindah Cell Dengan Tombol Panah pada Excel 2016.

Itulah tujuh tips yang harus kamu tahu saat menggnuakan excel baik untuk menyelesaikan pekerjaan maupun menyelesaikan hal lain.

0 Response to "Tips Microsoft Excel yang Harus Diketahui Setiap Pengguna"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

close