-->

Iklan adsense

Ini Perbedaan Tampilan One UI 5 dan 4 Samsung Terbaru

 Samsung merilis One UI 5.0 versi beta untuk seri Galaxy S22 pada 5 Agustus 2022. One UI 5.0 merupakan versi update dari One UI 4 yang dirilis sebelumnya.

Berbasis Android 12, Samsung One UI 4 dirilis pada 16 November 2021 dan kemudian diperbarui ke One UI 4.1.

Versi stabil UI 5.0 diharapkan akan dirilis pada bulan Oktober tahun ini. One UI 5 adalah versi Android 13 yang disesuaikan dari Google.

Pembaruan One UI 5 menghadirkan banyak fitur baru dan opsi penyesuaian ke perangkat Samsung Galaxy. Oleh karena itu, pada postingan kali ini, kami telah membandingkan Samsung One UI 5.0 dengan One UI 4.1 secara detail. Kami telah membandingkan perubahan yang paling berguna dalam posting ini karena ada banyak peningkatan dan perubahan antara One UI 4.1 dan One UI 5.0.

Perubahan di pusat notifikasi

samsungcarecentre

Pusat notifikasi dioptimalkan dan terlihat lebih bersih di Samsung One UI 5.0 dibandingkan dengan One UI 4.1.

Ikon di antarmuka pengguna 5.0. Anda juga dapat melihat pada gambar bahwa ikon di sebelah kiri notifikasi di notifikasi sekarang jauh lebih besar.

Anda mungkin juga memperhatikan bahwa dua tombol di bawah panel notifikasi (Pengaturan dan Hapus Pemberitahuan) sekarang lebih menonjol daripada versi sebelumnya.

Pembaruan versi Android

Ini Perbedaan Tampilan One UI 5 dan 4 Samsung Terbaru

Seperti yang kita semua tahu, Samsung One UI 4 didasarkan pada Android 12 dan versi One UI 5 yang diperbarui didasarkan pada Android 13. Jadi, Anda juga mendapatkan semua fitur baru yang ditambahkan dalam pembaruan Android 13 di One UI 5.

Perangkat Samsung One UI 5 juga mendapatkan peningkatan keamanan dan privasi Android 13.

UI Izin Aplikasi Baru

one ui 4 vs one ui 5

Samsung telah menyederhanakan UI izin dan tampilannya cukup bagus. Izin UI berwarna hijau dan tiga kolom persegi panjang. Opsi kesehatan baterai

Opsi kesehatan baterai adalah fitur hebat di One UI 5.0 dan masih dalam versi beta, tetapi akan ditambahkan ke fitur utama dalam waktu dekat. Kesehatan baterai dalam pembaruan One UI ini mirip dengan iPhone iOS.

Menambahkan fitur detail aspek baru untuk pembelajaran baterai. Anda juga dapat menemukan informasi ini di One UI 4.1, tetapi tidak ada tombol terpisah untuk membuka template pembelajaran ini.

Tetapi opsi khusus Tampilkan Detail ditambahkan dalam pembaruan One UI 5.

Layar terbagi yang ditingkatkan

Ini Perbedaan Tampilan One UI 5 dan 4 Samsung Terbaru

Split screen merupakan fitur smartphone Android yang sudah lama kita kenal, namun kali ini dibawa ke level selanjutnya dengan update One UI 5.0 untuk perangkat Galaxy.

Namun, layar terbagi juga tersedia di One UI 4.1, tetapi tidak terlalu berguna.

Anda sekarang dapat beralih ke layar terpisah dengan sangat cepat dengan menggesek ke atas menggunakan dua jari dari bagian bawah API apa pun. Dan itu mendorong aplikasi yang sudah terbuka ke bagian atas layar dan memberi Anda daftar aplikasi untuk dipilih.

One UI 5.0 terbaru yang ditingkatkan mendukung layar terpisah di semua aplikasi yang bahkan tidak mendukung fitur pemisahan asli. Layar terbagi Samsung One UI 5.0 sebenarnya dapat memaksa aplikasi untuk terbuka di layar terpisah, bahkan untuk aplikasi yang tidak dioptimalkan untuk dibuka dalam mode layar terpisah.

Opsi Watermark di aplikasi kamera

Ini Perbedaan Tampilan One UI 5 dan 4 Samsung Terbaru

Di One UI 4.0 tidak ada opsi untuk menambahkan watermark ke foto. Namun kini Anda dapat menambahkan tanda air yang menyertakan tanggal dan nama telepon ke semua foto Anda.

Namun, fitur ini bersifat opsional, Anda dapat mengaktifkannya di pengaturan aplikasi kamera di perangkat One UI 5.0. Beberapa pengguna menganggap fitur ini berguna, tetapi saya pribadi tidak pernah menambahkan tanda air ke foto saya.

Perbandingan widget One UI 4 vs One UI 5

widget one ui

Menambahkan dukungan untuk menambahkan widget ke semua aplikasi. Sekarang One UI 5 memiliki lebih banyak widget daripada One UI 4.1.

Pengguna Galaxy masih dapat mengubah ukuran widget setelah pembaruan One UI 5, sehingga widget dapat disesuaikan ke level berikutnya setelah pembaruan One UI.

Widget yang dapat ditumpuk

one ui samsung

Selain dukungan widget One UI 5.0, Samsung juga menambahkan fitur sliding. Anda sekarang dapat beralih ke banyak widget lain yang dipilih dengan memindahkan widget dari kiri ke kanan. Ini adalah area widget khusus dan Anda harus mengonfigurasinya sebelum menggunakannya. Ini berbeda dari widget biasa.

Ubah aplikasi di pengaturan notifikasi

Pengaturan notifikasi aplikasi individu telah dioptimalkan dan antarmuka pengguna telah sedikit dimodifikasi. Anda juga dapat menemukan opsi baru untuk menyesuaikan pengaturan notifikasi untuk aplikasi pihak ketiga.

Salin teks dari gambar dan video

Menyalin teks dari gambar dan video tidak dimungkinkan di One UI 4.1 dan sebelumnya, tetapi ditambahkan di One UI 5.0.

Ini adalah fitur yang paling dinantikan dan berguna dari pembaruan One UI 5.0. Anda sekarang dapat dengan mudah menyalin teks dari gambar apa pun dan itu juga berfungsi untuk video. Anda juga dapat menyalin teks dari video sehingga tangkapan layar video diambil terlebih dahulu, kemudian teks dipindai, dan kini Anda dapat menyalin teks yang diperlukan dari tangkapan layar tersebut.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

close