Bahas Mitos Megapixel Pada Kamera Android

mitos megapixel pada kamera

Mitos Kamera Android - kamera diponsel sudah menjadi fitur yang wajib ada di era modern ini. bagi sebagian orang kamera menjadi pertimbangan utama dalam membeli sebuah ponsel. Itulah mengapa para produsen ponsel menyoroti kamera pada ponsel terbaru mereka dan selalu memberi teknologi terbaru pada ponsel mereka.

Namun hingga kini masih ada mitos soal kamera yang dianut oleh pengguna ponsel, yaitu "semakin besar Megapixel maka kualitas gambar akan semakin bagus". mengapa saya katakan itu mitos? karena anggapan itu tidak lah benar.

Megapixel Bukanlah segalanya


kalau semakin tinggi megapixel sebuah kamera, maka kualitas foto yang dihasilkan akan semakin baik pula?  Bisa ya bisa tidak? Tergantung pada banyak hal. Sebuah foto disebut berkualitas baik akan perlu dinilai dari berbagai sudut, ada sudut pandang teknis dan ada juga sudut pandang estetis, bukan hanya dari masalah rapat, halusnya pixel yang terdapat di dalamnya.

Dari sisi teknis foto yang terkait dengan kamera, sebuah foto 48 Megapixel (MP) yang dihasilkan oleh Ponsel A dan dibandingkan dengan yang diproduksi oleh sebuah kamera DSLR (Digital Single Lens Reflex) kelas pemula semacam Canon 1300D, apakah sama hasilnya? Jawabnya TIDAK,

Ada beberapa hal yang membuat foto dengan ukuran Megapixel yang sama bisa berbeda kualitasnya secara teknis. Hal-hal itu adalah :

  1. Lensa (Optik): Lensa yang dipergunakan oleh smartphone memiliki kualitas yang berbeda dalam menangkap cahaya dibandingkan sebuah kamera DSLR , kelas pemula sekalipun. Wajar saja karena smartphone tidak dikhususkan untuk memotret tetapi lebih kepada komunikasi dan entertainment.
  2. Sensor : dengan ukuran ruang yang sangat terbatas pada sebuah smartphone, mayoritas sensor yang dipergunakan pun berukuran lebih untuk kameranya pun berukuran kecil pula dibandingkan dengan kamera DSLR.
  3. Prosesor : informasi tentang cahaya yang lewat melalui optik dan terekam oleh sensor kemudian akan diolah dalam prosesor . Ingat bahwa baik smartphone atau kamera digital masa kini adalah sebuah komputer mini yang juga menggunakan prosesor. Prosesor pada kamera DSLR memang dibuat khusus untuk satu tujuan dibandingkan dengan yang dipergunakan dalam smartphone yang lebih multi fungsi.
Jadi, ada banyak faktor yang menentukan baik tidaknya kualitas foto dari segi teknis. Semakin besar ukuran megapixel yang mampu dicapai oleh sebuah kamera belum tentu menghasilkan sebuah foto yang baik.

Perbandingan

Sampel foto yang di ambil dari Dxomark.

hasil foto samsung
Samsung S10 plus 12 MP
hasil foto samsung
Huawei P30 pro 40 MP

Kesimpulan

Memang tidak ada yang melarang jika Anda memilih ponsel berdasarkan besaran megapixel dari kamera yang ditawarkan. Namun, Anda perlu menimbang kembali seperti apa penggunaan ponsel yang akan dibeli. Jika Anda hanya menggunakan untuk kebutuhan foto sehari-hari dan menampilkannya di linimasa media sosial, kamera ponsel dengan resolusi standar sudah cukup karena foto tersebut kemungkinan tidak akan dicetak dalam ukuran besar. Anda juga bisa menimbang ponsel mana yang akan dibeli melalui skor kamera di DXOMark.

Perlu diingat, kamera canggih sendiri tidak akan membuat foto semakin indah. Anda juga perlu mengetahui teknik mengambil gambar agar foto semakin menarik.

Belum ada Komentar untuk "Bahas Mitos Megapixel Pada Kamera Android"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

loading...