-->

Iklan adsense

Jack Ma Pensiun dari alibaba

jack ma pensiun
jack ma


pediainfo - Hari ini 10 September 2019 akan selalu dikenang dalam sejarah raksasa e-commerce Alibaba. Sang pendiri dan sosok yang membawanya ke kejayaan, Jack Ma, resmi pensiun dari posisi Chairman. Ia digantikan oleh Daniel Zhang.

Kebetulan hari ini juga merupakan tanggal ulang tahun ke 55 Jack Ma. Momen pensiun dan ultah itu dirayakan oleh Ma, antara lain dengan mengunjungi apartemennya di Hangzhou, tempat ia dulu merintis Alibaba bersama pendiri lainnya.

Jack Ma mengaku emosional mengingat kembali masa-masa itu. "Saya harap dalam 60 tahun, 80 tahun, orang-orang masih mengingat apartemen ini. Kita tidak boleh kehilangan impian dari apartemen ini," katanya dalam video yang dipajang Alibaba.

Baca Juga : Mengenal Teknologi 5G

Usai pensiun, Ma dipastikan akan berkecimpung di jagat filantrofi. Ia telah mendirikan Jack Ma Foundation sejak tahun 2014. Sektor yang menarik perhatiannya adalah bidang pendidikan, lantaran Ma dulu adalah seorang guru.

"Jack Ma memberi sinyal ketertarikannya di filantrofi, lingkungan, pemberdayaan wanita, pendidikan dan pengembangan," sebut Duncan Clark, pengarang buku Alibaba: The House That Jack Ma Built.

"Sebelum berusia 70 tahun, saya bisa melakukan sesuatu di bidang lain, di area seperti edukasi," kata Ma beberapa waktu silam. Tanggal pensiun 10 September sendiri bertepatan dengan Hari Guru di China.

Meski sudah tak jadi Chairman, Ma akan tetap menjadi penasihat Alibaba. Dia juga anggota seumur hidup Alibaba Partnership, kelompok 36 orang yang bisa menominasikan mayoritas dewan direksi Alibaba.

Baca Juga : Mitos Megapixel pada kamera



Ma masih pula memegang 6,22% saham Alibaba dan kekayaannya tembus USD 40 miliar. Namun sebagai mantan guru dan ingin kembali berkiprah di bidang pendidikan, ia ingin talenta muda bisa menonjol di Alibaba sepeninggal dirinya.
"Guru selalu ingin siswanya melebihi mereka, jadi tanggungjawab saya dan perusahaan adalah mempersilakan orang yang lebih muda dan lebih berbakat mengambil peran pemimpin," kata Ma.
Jack Ma pun meninggalkan Alibaba dengan kepala tegak. November silam, ia termasuk dalam 100 orang yang mendapat penghargaan dari pemerintah China karena memberikan kontribusi besar dalam transformasi ekonomi negara itu.
Sempat ada rumor Ma dipaksa keluar oleh pemerintah China yang langsung dibantahnya tegas. "Saya mendengar rumor dari luar China bahwa pemerintah ingin menurunkan saya. Tidak ada yang bisa melakukan itu jika seseorang tak ingin turun. Ini bukan tentang politik atau pemerintahan," tandasnya.
Ma berhasil memenuhi niatnya yang ingin pensiun dalam usia lebih muda dari Bill Gates. Gates pensiun dari Microsoft pada umur 58 tahun pada 2014.
"Dia ingin menjamin legasinya. Dia tidak meninggalkan perusahaan secara penuh. Ini adalah cara yang pintar untuk pergi dalam kondisi jaya," cetus Clark.

0 Response to "Jack Ma Pensiun dari alibaba"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

close