-->

Iklan adsense

6 Penyebab Jaringan Internet Anda Lambat

Penyebab Jaringan Internet Lambat
Internet di indonesia saat ini seolah olah telah menjadi kebutuhan pokok bagi masyarakat. Setiap hari  anda pasti mengakses internet untuk sekedar mencari informasi,scrolling sosial media,atau streaming video Netflix, youtube dan kegiatan lain nya. Meski begitu, Terkadang internet juga kerap mengalami gangguan di antaranya adalah penurunan kecepatannya karena beberapa hal atau bahkan anda tidak bisa sama sekali mengakses internet. Lalu Apa saja penyebab masalah tersebut dan bagaimana cara anda mengatasi hal masalah tersebut? Berikut ulasan 6 Penyebab Jaringaan internet anda lambat.

Posisi router yang kurang tepat

Faktor pertama, bila anda menggunakan jaringan Wi-Fi (Wireless Fidelity) di rumah, faktor yang membuat kecepatan internet menurun mungkinan disebabkan oleh Beberapa hal. Faktor pertama adalah posisi router Wi-Fi anda yang kurang tepat. Jika Router berada di tempat yang kurang strategis Maka Penyebaran Sinyal Bisa Terganggu juga dan ini bisa jadi penyebab koneksi internet melemah.  Faktor Selanjut nya adalah adanya benda-benda besar seperti kulkas atau banyak nya dinding penghalang dapat mempengaruhi kualitas internetnya.

Oleh karena itu, anda perlu untuk memindahkan posisi routerke tempat yang lebih luas dan lega agar sinyal internetnya lebih baik. Faktor kedua ialah, mungkin routeryang anda gunakan sudah bisa dibilang jadul. Mengingat setiap routermemiliki standar usianya. Cek kecepatan internetmu dengan memeriksa router pula, apakah sudah waktunya untuk menggantinya yang baru atau tidak.

Gangguan dari perangkat lain

Faktor Kedua Kecepatan internet yang menurun Disebabkan  adanya gangguan dari peranti lainnya Contohnya saja perangkat seperti Bluetooth Speaker , gadget maupun microwave. Mungkin anda tidak menyadari bahwa benda benda elektronik dirumah dapat mempengaruhi kecepatan internet, Peranti tersebut bisa saja menghalangi frekuensi gerak routeryang berkisar pada 2,4 GHz.

Berada di keramaian atau gedung tertutup

Faktor ketiga  yang membuat kecepatan internetmu menurun ialah berada di tempat yang ramai. Tidak jarang tempat seperti area konser, pameran, dan dan tempat ramai lain nya, membuat lalu lintas jaringan sangat padat yang ditujukan ke satu menara, pada akhirnya inilah yang membuat ‘kemacetan’ jaringan internet,bahkan jika anda sedang berada diruangan yang tertutup atau sedang berada didalam gedung hal ini juga dapat membuat kecepatan internet ana menurun.

anda pun perlu melakukan cek kecepatan internet secara rutin jika berada di tempat penuh keramaian atau sedang berada digedung.Jika masih terasa melambat, solusinya ialah anda perlu mencari lokasi tempat terbuka yang lebih luas di area sekitar keramaian tersebut.

 Lokasi / Tempat yang buruk

Faktor terbesar yang dapat membuat kecepatan internet anda menurun bisa jadi karena berada di tempat atau lokasi yang buruk. Meskipun tampilan Bar sinyal di gadget terlihat baik-baik saja, hal tersebut bukan berarti jaringan internet anda lancar.contoh nya jika anda ingin membalas pesan whatsapp tapi pesan tersebut tidak dapat terkirim walau pun bar sinyal di gadget anda dalam keadaan Optimal. Ini bisa terjadi karena anda berada di tempat atau area yang memiliki jaringan sinyal yang buruk.

Jika anda menggunakan sistem  Android, cara untuk cek kecepatan internet adalah dengan masuk ke jaringan ponsel ke menu setting atau bisa menekan kode dial up *#*#4636#*#* dan cari menu jaringan  Di sana akan nampak kekuatan sinyal internet mulai dari -50dBm hingga -120 dB. Bila angka menunjukkan dekat dengan -50dBm ini berarti kekuatan sinyal tersebut cukup baik.

Gangguan internet service provider

Faktor selanjutnya, masalah yang mungkin bias terjadi kapan saja dan membuat akses jaringan internet anda menurun atau bahkan tidak bisa mengakses internet adalah gangguan dari provider internet itu sendiri. Bisa saja Diarea anda sedang ada perbaikan perangkat jaringan yang bermasalah dikarenakan gangguan alam seperti angin kencang,hujan,petir dan lain sebagainya.

Sedang dalam Jam sibuk

Internet juga punya Jam sibuk, Jam sibuk interet ini dikarenakan banyak orang-orang mengakses konten hiburan seperti Streaming Video untuk melepas lelah setelah beraktifitas di pagi hingga sore atau bahkan malam hari. Oleh karena itu akan terjadi ketimpangan antara tingginya permintaan internet dan lemahnya kecepatan internet dalam melayani tinggi nya permintaan akses.

OpenSignal mencatat, pukul 20.00 hingga 23.00 di masing-masing negara menjadi waktu terlamban untuk akses internet. Jika di Indonesia, pukul 21.00 menjadi jam jam paling lelet untuk mengakses internet.bahkan  Kecepatan internet di Indonesia pada jam tersebut hanya mencapai 5,7 Mbps.

0 Response to "6 Penyebab Jaringan Internet Anda Lambat"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

close