Mengenal Jenis Sensor Pada Smartphone Android

jenis sensor hp android
sensor android - Pasti kamu penasaran kenapa kecerahan layar ponsel kamu dapat berubah ubah secara otomatis menyesuaikan kondisi cahaya disekitar kamu, hal ini bisa terjadi karena ada nya sensor cahaya yang terpasang di ponsel kamu. Selain sensor cahaya ternyata ada banyak jenis sensor yang ada di android loh, mau tau ? baca artikel ini hingga selesai.

Jenis Sensor Pada Smartphone Android


Ada 9 jenis sensor yang biasa digunakan didalam sebuah smartphone Android ataupun Iphone. Dan setiap sensor memiliki fungsi yang berbeda beda. Berikut 9 jenis sensor pada smartphone :

  • Accelerometer Sensor
  • Finger Print Sensor
  • Gyroscope Sensor
  • Ambient Light Sensor
  • Magnetic Sensor
  • Orientation Sensor
  • Proximity Sensor
  • Sound Sensor
  • Temperatur Sensor

Fungsi Sensor Pada Smartphone Android


1. Accelerometer
Accelerometer adalah alat yang berfungsi untuk mengukur percepatan, mendeteksi dan mengukur getaran ataupun untuk mengukur percepatan akibat gravitasi bumi.

Di smartphone, Accelerometer berguna untuk mengidentifikasi ketepatan arah sebuah perangkat pintar.

Beberapa game terkenal juga menggunakan jenis sensor ini, salah satu nya game Asphalt. Dengan ada nya sensor ini kamu dapat berbelok kanan dan kiri hanya dengan memiringkan ponsel sesuai arah yang kamu ingin kan.

2. Finger Print
Sensor ini pasti sering anda temui dan sering anda gunakan setiap hari.
Fingerprint adalah sebuah alat yang menerapkan sensor scanning untuk mengetahui sidik jari seseorang guna keperluan verifikasi identitas.

Secara sederhana cara kerja dari sebuah sensor fingerprint adalah dengan merekam data dari sidik jari untuk pertama kalinya yang akan digunakan sebagai acuan.

3. Gyroscope 
Gyroscope  adalah perangkat untuk mengukur atau mempertahankan orientasi, dengan prinsip ketetapan momentum sudut, alat ini bekerja sama dengan accelerometer. Mekanismenya adalah sebuah roda berputar dengan piringan didalamya yang tetap stabil.

Biasanya sensor ini bekerja sama dengan Accelerometer, yang membedakannya Accelerometer dipengaruhi oleh gravitasi sementara Gyro Sensor tidak.

Gyro sensor sendiri memiliki fungsi untuk mendeteksi gerakan sesuai gravitasi, atau dengan kata lain mendeteksi gerakan pengguna. Sensor ini sering digunakan pada robot atau drone serta alat-alat canggih lainnya.

4. Ambient Light 
Ambient Light Sensor adalah alat yang digunakan untuk mengatur kecerahan layar secara otomatis berdasarkan cahaya sekitar.

Sensor ini sangat banyak digunakan pada smartphone saat ini. Sensor ini berperan dalam perubahan kecerahan layar smartphone.

Dengan sensor ini, Kamu tidak perlu meningkatkan kecerahan layar secara manual saat di bawah sinar matahari langsung. Dan pada malam hari atau di dalam ruangan minim cahaya, kamu juga tidak perlu menurunkan kecerahannya  secara manual agar mata tidak silau.

5. Magnetic 

Magnetic Sensor adalah sensor yang digunakan untuk mengukur magnetisasi dari bahan magnetik atau untuk mengukur kekuatan arah medan magnet .

Aplikasi kompas merupakan sensor ini untuk mendeteksi terkait penggunaan logam.
Sensor ini digunakan dalam alat kompas yang biasa digunakan seorang pendaki  agar tidak tersesat.

6. Orientation 
Cara kerja sensor ini cukup sederhana sensor ini akan mendeteksi apakah ponsel berada dalam posisi landscape atau potrait. Biasanya sensor ini digunakan untuk memutar layar secara otomatis.

7. Proximity 
Pada saat kamu menelpon pasti layar ponsel kamu akan mati secara otomatis ketika didkatkan ke telinga. Hal ini bisa terjadi karena adanya sensor Proximity. Sensor ini bekerja jika jarak kedekatan perangkat dan pengguna.

Jika layar ponsel mati saat menelpon maka baterai ponsel akan lebih hemat dan ponsel tidak akan panas.

8. Sound 
Berfungsi untuk mengukur  kadar bunyi atau suara di sekitar smartphone.
Sensor ini akan bekerja ketika kamu sedang menelepon atau menerima panggilan di tempat yang ramai maka secara otomatis volume dari speaker atau mic akan mengeras atau mengecil sesuai dengan tingkat ke ramaian disekitar anda.

9. Temperature 
Sesuai dengan namanya, sensor ini berfungsi untuk mengukur suhu temperatur smartphone.  jika ponsel kamu terlalu panas kamu harus meng istirahatkan ponsel kamu agar tidak terjadi hal yang tidak di inginkan.

Panas yang ditimbulkan HP biasanya akibat tadi baterai ponsel dengan aktifitas yang berlebihan, misal mengecas HP sambil bermain game atau berinternet ria. Suhu ponsel juga bisa naik jika kondisi lingkungan sekitar juga panas.

Cara Cek Sensor HP Android


Jika kamu ingin cek sensor apa saja yang ada di ponsel kamu gunakan aplikasi sensor box. aplikasi ini didesain khusus untuk  mengecek dan mengetahui semua jenis sensor yang ada pada Android kamu.

Aplikasi ini sangat mudah untuk digunakan. saat melakukan pengecekan sensor akan terdapat animasi yang menjelaskan cara kerja sensor yang dicek Untuk mengetahui sensor apa saja yang kamu miliki.

jika kamu melihat tanda hijau di sensor box, itu tanda nya sensor hp kamu bekerja dengan baik.
Alfin Aswar saya alfin, seorang penulis blog pribadi

4 Komentar untuk "Mengenal Jenis Sensor Pada Smartphone Android"

  1. mantaab kontenya bang

    BalasHapus
    Balasan
    1. terimakasih. semoga bermanfaat dan jangan lupa share biar teman kamu.

      Hapus
  2. Balasan
    1. terimakasih. semoga bermanfaat dan jangan lupa share biar teman kamu tahu.

      Hapus

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

loading...

Iklan Bawah Artikel