-->

Iklan adsense

Kenapa Baterai Hp Cepat Habis? Ternyata Ini Penyebab nya

kenapa baterai hp cepat habis?
Salah satu syarat ponsel dapat dikatakan bagus apabila memiliki daya tahan baterai yang baik terlepas dari faktor lain seperti kamera,chipset,ram dan hal penting lain nya. baterai menjadi nyawa sebuah ponsel dan perangkat elektronik lain nya tanpa baterai ponsel canggih sekalipun tidak akan berguna.

jika baterai hp kamu terasa cepat kehabisan baterai dan mati karena kehabisan daya kamu harus mencari tahu apa yang menjadi penyebab baterai hp cepat habis dan segera menemukan solusi nya.

kami akan memberikan informasi apa saja penyebab baterai hp cepat habis dan juga solusi untuk mengatasi nya. so simak artikel berikut :


Penyebab Baterai Hp Cepat Habis

  1. Layar
  2. Aplikasi dan Backgroud Services
  3. Layanan Jaringan
  4. Other Battery Problem

1. Layar

hemat baterai
Layar ponsel menjadi satu bagian yang paling banyak menghabis kan daya baterai sejak pertama kali smartphone muncul karena panel layar perlu perlu daya baterai secara terus menerus untuk tetap menyala.

selain itu kecerahan layar juga sangat berpengaruh terhadap daya tahan baterai. semakin tinggi tingkat kecerahan layar maka baterai ponsel akan cepat habis. meskipun ada yang mengklaim panel layar yang lebih hemat daya tapi faktor ini tetap membuat baterai ponsel cepat habis.

Cara Cek Penggunaan Baterai

  1. Buka pengaturan atau Setting
  2. Cari menu Battery
  3. Tap Battery Usage
  4. Tap Show Full Battery Usage

Cara Mengatasi

Layar merupakan battery killer, dan ada beberapa cara untuk mengatasi penggunaan daya yang berlebih. beberapa cara mengatasi baterai boros.
  • Lower Brightness : Cara pertama yang paling mudah untuk dilakukan adalah menurunkan tingkat kecerahan layar ponsel. ini dapat menghemat baterai hp kamu.
  • Adaptive Brightness : dengan mengaktifkan adaptive brightness maka hp kamu akan secara otomatis mengatur tingkat kecerahan layar. jika kamu di ruangan yang minim cahaya ponsel akan menurunkan kecerahan begitu pula sebalik nya sehingga baterai akan lebih hemat.
  • Gunakan Wallpaper Gelap : selamat untuk kamu pengguna layar AMOLED, wallpaper berwarna hitam dapat menghemat baterai karena panel amoled tidak perlu mengaktifkan pixel untuk menampilkan warna hitam.
  • Hindari Live Wallpaper : live wallpaper memang lebih menarik tapi itu dapat menghabiskan baterai hp kamu lebih cepat. jadi hindari hal ini.
  • Kurangi Refresh Rate : 120 Hz , 90 Hz  itu memang keren, tapi refresh rate yang tinggi memerlukan daya baterai yang besar pula. jadi saya saran kan untuk menggunakan 60 Hz saja.

2. Aplikasi dan Background Services

tips hemat baterai
ada banyak aplikasi yang terinstall di ponsel. ada aplikasi tertentu yang dapat menghabiskan baterai dengan cepat seperti : youtube,netflix dan layanan streaming lain nya. selain itu jika kamu ingin menghemat penggunaan baterai hindari bermain game online dan game yang memiliki grafis tinggi seperti Player Unknown BattleGround Mobile, Call of Duty Mobile, Asphalt 9 dan game lain nya.

selain itu ada pula aplikasi yang sedang tidak digunakan namun tetap berjalan di background services seperti facebook,instagram,twitter,whatsapp,google play services dan aplikasi lain nya. aplikasi ini akan mengupdate informasi, mengirim notifikasi dan lain sebagainya. 

Cara Mengatasi

  • Tutup Aplikasi : cara ini merupakan ide bagus dan ide buruk. menghentikan aplikasi secara paksa dapat menghemat baterai tapi akan ada masalah yang ditimbulkan seperti kegagalan aplikasi. kamu bisa menghentikan paksa dengan cara pergi ke Settings > Apps > Piih Apps > Force Stop.
  • Tutup Aplikasi Background Services : jika aplikasi yang berjalan di background sevices terlalu banyak, kamu bisa membatasi nya dengan cara Settings > Apps > Pilih Apps > Advanced > Battery > Background Restriction > Restrict.

3. Layanan Jaringan

baterai android
jika kamu tinggal di daerah pedesaan atau disekitar gedung gedung tinggi penerimaan sinyal ponsel kamu akan terganggu dan membuat kualitas jaringan menurun.

jaringan yang buruk diam diam dapat menghabiskan baterai tanpa kita sadari. pernerima sinyal yang buruk membuat ponsel berusaha keras untuk tetap berkomunikasi dengan menara terdekat agar tetap terhubung ke internet.

Cara Mengatasi

  • Airplane Mode : jika kamu berapa di area yang sulit dijangkau jaringan sebainya nyalakan mode pesawat untuk menghemat baterai ponsel.
  • Cari Lokasi Lain : jika sedang beradang di sekitar gedung tinggi, segera cari area lapang sehingga kamu dapat mendapat jaringan yang lebih optimal. 

4. Other Battery Problems

gps boros baterai
masalah lain yang dapat membuat baterai cepat habis adalah aktif nya beberapa aplikasi atau fitur yang ada di ponsel. berikut informasi nya
  • GPS,Bluetooth,Wi-Fi : matikan ketiga fitur ini jika sedang tidak digunakan. fakta nya jika ketiga fitur ini aktif baterai akan cepat habis. aktifkan saat diperlukan saja.
  • Kamera : saat merekam atau memotret dalam waktu yang lama ponsel akan menjadi panas dan membuat baterai kamu cepat habis.
  • Suhu Sekitar : perhatikan suhu disekitar ponsel. suhu disekitar ponsel dapat mempengaruhi kinerja baterai. jika terlalu panas ponsel kamu akan cepat kehabisan data.
  • Gunakan Charger Asli : selalu gunakan charger asli untuk menjaga daya tahan baterai ponsel.

Kesimpulan

Hindari bermain game terlalu lama karna itu dapat menyebab kan baterai ponsel cepat habis. game memiliki grafis tinggi akan memerlukan daya baterai yang besar pula. dan selalu periksa suhu agar baterai tidak cepat panas dan habis secara percuma.

0 Response to "Kenapa Baterai Hp Cepat Habis? Ternyata Ini Penyebab nya"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

close