Pandemi Corona, Apakah Berdampak Ke Industri Mobile?

dampak covid-19
Pecahnya Covid-19, lebih dikenal dengan sebutan coronavirus, telah berdampak besar pada seluruh dunia.

Hingga artikel ini ditulis, lebih dari 170.000 kasus coronavirus telah dilaporkan di seluruh dunia. Sementara mayoritas kasus tersebut berasal dari Cina, virus menyebar dengan cepat ke bagian lain di dunia, mengakibatkan korban meninggal hampir 5.000 orang dan sekitar 70.000 yang berhasil sembuh sejauh ini data ini di ambil dari situs worldometers.info . Wabah besar telah terjadi di Korea Selatan, Iran, dan Italia. AS telah mencatat lebih dari 1.300 kasus, dan jumlah terus naik.

Masih banyak yang kita tidak tahu tentang Covid-19 karena ini merupakan jenis virus baru, yang baru saja dinyatakan pandemi oleh organisasi kesehatan dunia atau WHO. Apa yang kita tahu adalah pandemi akan memiliki dampak besar pada ekonomi global, termasuk dampak yang luas dan berpotensi abadi pada pasar smartphone.

Gangguan pasokan smartphone, kenaikan harga smartphone, penundaan produk, peluncuran pembatalan, pemotongan dalam peristiwa pemasaran,dan ancaman lain yang sangat nyata.

Sejauh ini lah yang kita ketahui tentang dampak wabah coronavirus pada industri smartphone saat ini.

Gangguan ketersediaan smartphone


dampak virus corona didunia
Wabah coronavirus secara serius mengganggu rantai pasokan global untuk smartphone dan perangkat lainnya. Sebagian besar dampak sangat terasa di Cina, di mana sebagian besar barang elektronik diproduksi disana.

Akibatnya, pemerintah Cina telah mengambil upaya luar biasa untuk memperlambat penyebaran virus dengan mengeluarkan pernyataan kepada orang untuk tinggal di rumah dan bekerja dirumah secara efektif dan menutup seluruh industri.

Akankah ada penundaan perilisan ?


dampak virus corona
Masalah kekurangan pasokan produk yang mempengaruhi harga untuk beberapa smartphone. Di India, harga Xiaomi Redmi Note 8 naik, menurut India Today.

Saat ini, kami hanya memiliki sedikit informasi soal penundaan perilisan smartphone. Motorola dikabarkan meluncurkan Edge di MWC yang sekarang dibatalkan. Kami belum mendengar apa-apa tentang hal itu sejak saat itu, menyarankan Motorola mungkin telah tertunda itu.

Peluncuran global dari MI 10 Pro. Xiaomi juga seharusnya ada di MWC di Barcelona. Sudah dijadwal kan meluncur pada 27 maret namun dibatalkan juga.

Selain smartphone, Konami's TurboGrafx 16 mini game konsol, tertunda tanpa batas karena wabah corona virus. Perangkat ini dijadwalkan akan dirilis 19 Maret, menurut Polygon.

Xiaomi baru-baru ini mengumumkan pembaruan Android 10 untuk MI A3 telah tertunda dari rilis pertengahan Februari yang direncanakan sebelumnya. Perusahaan menyatakan penundaan itu "karena penutupan diperpanjang karena wabah global coronavirus."

HMD global juga mengatakan akan mendorong kembali direncanakan Android 10 update untuk alasan yang sama. OEMs smartphone lain memberitahu kita bahwa pandemi yang menyebabkan perlambatan pengembangan perangkat lunak karena lebih banyak karyawan bekerja dari rumah atau tidak bekerja sama sekali.

Mengganggu pameran dagang dan acara pers



Pada pertengahan Februari, GSMA membatalkan 2020 Mobile World Congress Trade Show di Barcelona disebabkan karena  ketakutan terhadap coronavirus.

GSMA telah mengkonfirmasi bahwa, setelah pembatalan 2020 edisi MWC, itu akan "menyetel kembali prioritas, termasuk staf, untuk terus melayani industri telekomunikasi yang berkembang dan memungkinkan peluncuran 5G".  Pernyataan tampaknya menunjukkan bahwa beberapa pemutusan hubungan kerja di GSMA akan terjadi.

Pameran Dagang besar lainnya yang dijadwalkan akan diadakan pada bulan Maret, termasuk Game Developers Conference di San Francisco, Geneva Auto Show, South by Southwest, 2020 Google I/O konferensi pengembang, yang E3 acara perdagangan video game, Microsoft Build, dan yang paling baru Apple WWDC telah dibatalkan atau ditunda. Beberapa kehilangan pekerjaan karena pembatalan ini tidak dapat dihindari.

Semakin banyak perusahaan besar sekarang meminta karyawan untuk tidak bepergian atau bekerja jarak jauh. Semua staf Google di Amerika Utara sekarang bekerja dari rumah, misalnya. Jika wabah terus bertambah buruk selama musim semi, teknologi dan cara lain bisa dipertimbangkan kembali.

Dalam jangka panjang, perusahaan smartphone bisa membuat beberapa pemasaran besar dan perubahan PR di dunia pasca-coronavirus. Mereka bisa memutuskan lebih murah untuk mengadakan acara online untuk meluncurkan produk baru, bukannya mengadakan acara pers besar-besaran. Kita sudah melihat hal ini terjadi dengan Huawei, Sony, dan Xiaomi memegang virtual acara pers.

Jika perusahaan memutuskan acara pers virtual dapat melakukan pekerjaan seperti halnya konferensi pers besar atau menghadiri pameran dagang, kita bisa melihat lebih sedikit dari peristiwa ini dalam bulan dan tahun yang akan datang.

Belum ada Komentar untuk "Pandemi Corona, Apakah Berdampak Ke Industri Mobile?"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel