-->

Iklan adsense

Cara Mengatasi Laptop Lemot Dan Lelet Saat Digunakan

penyebab laptop lelet

Laptop banyak digunakan orang-orang karena ukuran nya yang kecil dan ringan sehingga mudah dibawa kemana mana jika dibandingkan dengan komputer yang tidak bisa dibwa kemana mana.
terutama mahasiswa yang setiap hari membawa laptop ke kampus untuk mengerjakan tugas.

namun banyak orang yang tidak mengetahui bagaimana cara merawat laptop agar tidak lemot,lelet dan lag saat digunakan. laptop lelet dan lag biasa nya disebab kan oleh banyak nya file yang tidak berguna di laptop yang terus menumpuk. biasa orang awam tidak tahu bagai mana cara menghapus nya.

penyebab laptop lemot

  1. banyak program berjalan di startup.
  2. hardisk penuh.
  3. kurangi pemakaian laptop dalam waktu lama.
  4. temporary file menumpuk
  5. masih menggunakan hardisk

Tips mengatasi laptop lemot


1. Hapus program berjalan saat startup
ilustrasi laptop
penyebab umum laptop lemot dan lelet adalah muncul nya banyak aplikasi yang berjalan pada backgroud service secara otomatis saat menyalakan komputer atau laptop. aplikasi yang berjalan pada background service akan menghabiskan ram kamu sehingga laptop menjadi lemot dan lag saat digunakan.

sebagian orang mungkin belum tau bagaimana cara menghapus aplikasi yang berjalan saat startup. sebenarnya tidak perlu dihapus namun cukup di disable saja dengan cara membuka task manager.
  1. tekan kombinasi tombol windows + x pada windows 10.
  2. pada bagian startup disable aplikasi yang ingin dihapus.
cara lain yang bisa kamu lakukan adalah melakukan upgrade ram laptop jika kamu mempunyai budget lebih untuk melakukan upgrade. sebelum upgrade kamu harus mengetahui jenis ram yang digunakan pada laptop, seperti jenis DDR berapa yang cocok untuk digunakan di laptop kamu.

 2. Hapus File Tidak Penting
penyebab laptop lemot
jika kamu seorang yang hobi mengkoleksi foto atau video film dengan resolusi tinggi sebaik nya segera backup film tersebut ke hardisk eksternal atau cadangkan ke cloud. ruang penyimpanan yang penuh secara tidak langsung dapat mempengaruhi kinerja laptop.

cara mengatasi  nya adalah hapus file yang tidak berguna dari laptop atau jika tidak ingin menghapus nya kamu bisa membackup file tersebut ke media penyimpanan eksternal seperti hardisk. atau dengan memanfaatkan layanan cloud seperti google drive untuk membackup file file office dengan ukuran yang kecil.

cara lain yang bisa kamu lakukan adalah melakukan upgrade hardisk laptop ke ukurang yang lebih besar sehingga menyisakan ruang yang cukup.

3. Kurangi pemakaian laptop dalam waktu lama.
tips mengatasi laptop lemot
jika kamu menggunakan laptop dalam jangka waktu yang lama sebaik nya kamu menggunakan cooling pad tambahan untuk menjaga suhu laptop tetap dingin. suhu laptop yang panas dapat membuat laptop menjadi lambat dan tidak merespon perintah dengan baik.

dan juga hindari kebiasaan buruk melakukan sleep atau hibernate pada komputer secara berulang. segera shutdown laptop ketika sudah tidak digunakan dan sebaiknya gunakan komputer atau pc jika ingin digunakan dalam waktu yang lama.

4. Temporary file menumpuk
penyebab laptop lemot

temporary file adalah kumpulan file yang sudah tidak digunakan namun tetap tersimpan di drive komputer atau laptop. banyak orang yang tidak mengetahui bagaimana cara menghapus nya.

untuk menghapus file temp sebenar nya cukup mudah. kamu bisa lakukan cara ini :
  1. tekan tombol windows + r (windows run).
  2. ketik %temp% lalu enter.
  3. hapus semua file dan folder denganc cara Shift+delete agar tidak tersimpan kedalam recycle bin.
5. Upgrade SSD
penyebab laptop lemot

apa itu ssd ? ssd adalah singkatan dari solid state drive. hdd dan ssd sebener nya sama sama dapat digunakan untuk menyimpan file, namun ssd jauh lebih cepat dibandingkan hdd pada umum nya.

Apa Kelebihan SSD ?
  1. performa ssd jauh diatas hardisk.
  2. tidak ada suara seperti kipas berputar.
  3. ssd lebih ringan dari hdd.
  4. lebih tahan terhadap guncangan.

Apa Kekurangan SSD ?
  1. Harga Lebih Mahal.
apakah bisa laptop menggunakan ssd ? tentu bisa. biasa nya laptop zaman sekarang sudah mendukung untuk upgrade ruang penyimpanan ke ssd. jadi anda tidak perlu khawatir.


0 Response to "Cara Mengatasi Laptop Lemot Dan Lelet Saat Digunakan"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

close