-->

Iklan adsense

AI kamera : apa itu dan bagaimana cara kerja AI di ponsel

apa itu ai kamera
ai kamera
Artificial Intelligence atau dalam bahasa indonesia kecerdasan buatan adalah simulasi dari kecerdasan yang dimiliki manusia yang di modelkan dalam sebuah mesin dan di program agar bisa berfikir layaknya manusia. dengan kata lain kecerdasan buatan dapat menyelesaikan pekerjaan yang biasa nya diselesaikan oleh manusia.

pernahkan anda merasakan teknologi ai? coba kamu perhatikan halaman explore instagram milik mu dan bandingkan dengan milik teman mu. pasti konten yang ditampilkan berbeda bukan? hal ini bisa terjadi karena kecerdasan buatan yang mempelajari perilaku pengguna saat menggunakan aplikasi instagram.

dan sekarang akan saya jelaskan mengenai teknologi kecerdasan buatan pada kamera smartphone yang sangat populer saat ini.

apa itu ai pada kamera?

AI adalah singkatan dari Artificial Intelligence. Artificial Intelligence yang pada dasarnya adalah perangkat lunak yang digunakan untuk merujuk pada mesin yang menunjukkan fungsi kognitif yang biasanya dikaitkan dengan pikiran manusia, seperti berpikir, belajar, dan pemecahan masalah.

AI pada kamera memiliki tugas berat di bidang fotografi yang sebelumnya dilakukan untuk fotografer Profesional. AI pada kamera harus memahami satu atau dua hal tentang apa yang diperlukan untuk membuat gambar berkualitas layak nya dipotret oleh fotografer profesional. Ini termasuk pengaturan kamera dan pemrosesan gambar, kecepatan rana otomatis dan eksposur, saturasi, kedalaman warna, rentang dinamis dan juga kontras.

Tapi hal terpenting adalah Anda tidak perlu tahu apa itu atau apa fungsinya. Maksud saya, siapa yang benar-benar memahami aperture dan ISO, atau White Balance? Setidaknya saya tidak melakukannya, namun saya juga ingin mengambil bidikan yang bisa saya banggakan.

AI kamera melakukan pengenalan otomatis pada gambar. Setelah Anda mengarahkan kamera ke arah yang benar, AI kamera mengambil alih untuk secara otomatis mengubah pengaturan dari balik layar.

Di balik layar, apa yang sebenarnya terjadi jauh lebih maju daripada titik dan bidikan sederhana. AI kamera harus menentukan jenis pemandangan yang dilihatnya dan juga menyesuaikan kondisi cahaya dalam sekejap. Jangan lupa menambahkan beberapa pencahayaan dinamis dan penyesuaian warna, dan menambahkan beberapa efek keren untuk mendapatkan gambar terbaik.

menurut saya fitur ai terkeren saat ini adalah ai color portrait dari oppo yang dimana mampu menampikan warna yang ingin anda tampilkan. contoh dalam video atau foto anda hanya ingin menampikan warna merah maka ai akan memproses perintah tersebut dan warna selain merah akan dibuat menjadi hitam putih saja.

bagaimana cara kerja AI kamera?

cara kerja ai kamera
Sebelum melakukan sihir nya, ia harus di program dan dilatih terlebih dahulu. Produsen ponsel cerdas menggunakan machine learning untuk mengembangkan ai pengenalan gambar yang menggunakan jaringan saraf yang terlatih pada jutaan gambar.

Dari pembelajaran mesin(machine learning) ini, kamera AI mengembangkan kemampuan untuk secara otomatis mengidentifikasi objek foto, cahaya, dan bahkan sudut pemandangan. Dengan demikian, kamera Anda tahu bahwa objek dalam foto adalah makanan, hewan, manusua, dll. Selanjutnya, kamera AI memilih pencahayaan yang paling sesuai dan penyesuaian warna untuk bidikan yang sempurna itu.

Seperti yang kita ketahui, kamera smartphone tidak memiliki optical zoom seperti halnya kamera DSLR. Untuk alasan ini, apa pun yang dilakukan AI Camera termasuk dalam apa yang umumnya disebut fotografi komputasi. Ini pada dasarnya adalah teknik pemrosesan gambar digital yang menggunakan algoritma untuk meningkatkan kualitas gambar.

Beberapa hasil akhir yang lebih terkenal adalah efek Bokeh dan mode Kecantikan yang menghilangkan noda dan menghaluskan kulit.


0 Response to "AI kamera : apa itu dan bagaimana cara kerja AI di ponsel"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

close