-->

Iklan adsense

Lakukan Cara ini Untuk Mengatasi Kipas Laptop Berisik

Kipas atau fan atau biasa disebut heatsink adalah komponen yang berperan cukup penting dalam sistem komputer dan laptop. fan berfungsi untuk mengeluarkan udara panas dari dalam laptop dan mengganti nya dengan udara segar kedalam sistem sehingga laptop memiliki sirkulasi udara yang baik.

namun beberapa pengguna laptop merasa terganggu dengan suara kipas yang terlalu berisik dan merasa seperti ada yang salah dengan kondisi tersebut. hal apa saja yang menyebabkan kipas menjadi berisik?

Penyebab dan Solusi Kipas Laptop Berisik

penyebab dan solusi kipas laptop berisik

ada banyak faktor yang membuat kipas pendingin laptop menjadi berisik dan sedikit mengganggu kita dan bahkan terkadang muncul bau hangus yang semakin membuat kondisi ini mengerikan. kipas menjadi berisik bisa disebabkan oleh hal berikut :

1. Suhu komponen terlalu panas

Jika suhu komponen dalam laptop terlalu panas maka sistem akan mendeteksi hal ini dan memerintahkan kipas untuk berputar dengan cepat guna mendinginkan bagian komponen yang terlalu panas, hal ini wajar dan sering terjadi terutama di laptop gaming dan jika komponen tidak segera di dinginkan, panas berlebih tidak baik untuk kondisi komponen.

cara mengatasi overheat atau panas berlebih pada laptop bisa gunakan cooling pad yang berkualitas dan sudah terbukti ampuh mengurangi panas.

cara kedua, ubah mode processor ke silent mode atau mode dimana performa processor akan ditahan sehingga mencegah timbul panas yang berlebih.

2. Debu

Setiap barang elektronik perlu di maintance dalam beberapa bulan sekali dan jika barang tersebut digunakan setiap hari 24 jam non stop harus dijaga kebersihan nya, jika tidak maka debu akan mulai menumpuk dan menyebabkan komponen yang berputar seperti kipas akan mengeluarkan suara berisik.

untuk mengatasi masalah ini anda bisa membersihkan laptop dengan cara membongkar nya, dan bersihkan kipas dngan perlahan. jika anda merasa ragu untuk membersihkan nya coba minta tolong ke orang yang sudah berpengalaman dalam hal ini.

3. Thermal paste kering

Thermal paste yang sudah kering dapat menyebabkan suhu processor akan meningkat, cek apakah thermal paste kering atau tidak dan jika sudah mulai mengering itu pertanda anda harus mengganti nya dengan thermal paste yang baru supaya kinerja laptop tetap terjaga.

Penutup

Setiap barang elektronik baik itu laptop atau komputer harus di rawat dengan baik. lakukan pengecekan setiap beberapa bulan sekali untuk mencegah masalah yang tidak di inginkan di kemudian hari. dan jika sudah terdeteksi masalah segera lakukan perbaikan secepat mungkin.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel