-->

Iklan adsense

Cara Bongkar dan Pasang Ram Laptop Asus TUF FX505GT

Sebagian besar orang masih tidak berani atau tidak tahu bagaimana cara membuka atau membongkar laptop untuk mengganti komponen seperti hardisk, ssd, dan ram atau hanya sekedar membersihkan komponen dalam laptop yang berdebu karena tidak pernah dibersihkan sama sekali sejak hari pertama pengunaan laptop.

alasan mereka tidak berani membongkar laptop pun beragam, mulai dari takut hilang garansi, tidak memiliki alat yang lengkap, takut ada komponen yang rusak dan banyak ketakutan lain nya saat membuka sebuah laptop. jadi kebanyakan mereka memilih untuk menggunakan jasa service laptop pada toko komputer terdekat untuk mengatasi masalah pada laptop.

jika untuk mengganti sebuah ram harus menggunakan jasa teknisi khusus maka kemungkinan anda akan membayar lebih untuk biaya pemasangan ram yang sebenarnya sangat mudah dan cepat. di kota asal saya harga satu keping ram 8GB DDR4 3200 dan pemasangan nya mulai dari Rp. 800.000 hingga Rp. 950.000.

oleh karena itu kenapa kamu harus tahu bagaimana cara membuka laptop dan memasang ram laptop dengan benar. dalam artikel ini saya gunakan laptop Asus TUF FX505GT yang akan ditambah satu keping ram.

Cara Pasang Ram Laptop Asus

pasang ram laptop

Pertama sebelum mulai membuka cover bawah laptop, siapkan alat alat seperti obeng yang ukuran nya disesuaikan dengan baut yang ada pada laptop dan pick gitar yang akan digunakan untuk mempermudah membuka cover bawah laptop. jika tidak memiliki pick gitar anda bisa gunakan bekas wadah kartu perdana yang sudah tidak terpakai atau benda lain yang tidak terbuat dari besi atau metal karena dapat membuat lecet body laptop.

1. Buka Seluruh Mur
cara pasang ram laptop

Langkah pertama, lepaskan seluruh baut yang ada menggunakan obeng dan ingat posisi masing masing baut karena pada laptop ini memiliki dua jenis baut yaitu baut dengan ukuran panjang dan ukuran pendek.

2. Buka Penutup Bawah

Gunakan pick gitar untuk mencongkel atau mengangkat sisi samping penutup belakanng laptop secara perlahan, pastikan seluruh bagian penutup belakang mulai terangkat sedikit demi sedikit dan jangan paksakan apabila penutup belakang terlalu keras untuk diangkat.

3. Bersihkan Komponen Laptop

Ketiga, sebaiknya bersihkan komponen laptop seperti kipas dan bagian bagian lain yang mulai berdebu dengan kuas halus atau tiup menggunakan alat khusus dan hati hati jangan gunakan lap basah karena dapat membahayakan komponen laptop.

4. Pasang RAM

Pasang Ram laptop, perhatikan lubang kecil yang ada di sekitar bagian kuningan ram sesuaikan dengan posisi dudukan ram pada laptop dan masukan ram dengan posisi 45 derajat dan kemudian tekan ram kebawah hingga terdengar suara click dan sejajar dengan mainboard.

5. Pasang Kembali Penutup laptop

Pasang kembali penutup laptop dan pastikan tidak ada baut yang salah posisi atau kehilangat baut agar penutup laptop terpasang dengan rapi seperti semula.

Perhatikan Hal ini Sebelum Membeli Ram


1. Jenis DDR
cara cek ddr ram

Ram mempunyai beberapa jenis ddr, mulai dari ddr satu hingga ddr empat. dan setiap laptop biasanya memiliki dukungan jenis ram yang berbeda beda maka dari itu penting untuk mengecek jenis ddr ram laptop sebelum mengupgrade ram.

Cara cek ddr ram :
  1. Install CPU-Z
  2. Pilih menu Memory

2. Frekuensi RAM

Kedua perhatikan frekuensi ram, jika laptop kamu mendukung frekuensi ram 3200 maka belilah ram dengan frekuensi yang sama dan jangan dibawah 3200. jika laptop kamu hanya mendukung 2666 atau dibawah nya tidak ada salah nya untuk membeli ram dengan frekuensi 3200 karena sistem akan tetap memaksa ram untuk berjalan difrekuensi 2666.

Cara Cek Keceptan RAM :
  1. Install CPU-Z
  2. Pilih menu Memory
  3. DRAM Frequency
Cara membaca DRAM Frequency harus dikalikan 2 jadi jika terbaca 1330 atau 1333 berarti ram kamu mendukung frekuensi 2666 MHz.

0 Response to "Cara Bongkar dan Pasang Ram Laptop Asus TUF FX505GT"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

close