-->

Iklan adsense

Perkembangan User Interface Samsung Dari Waktu ke Waktu

one ui samsung
Tampilan antarmuka atau user interface adalah tampilan grafis yang berhubungan langsung dengan pengguna. saat ini seluruh brand smartphone memiliki user interface buatan mereka sendiri dan masing masing ui memiliki ciri khas. 

Dulu user interface sangat kental dengan ciri khas suatu brand, namun saat ini desain user interface semakin mendekati ui original android yang simpel dan mudah digunakan tapi tidak menghilangkan ciri khas mereka.

Samsung salah satu brand yang memiliki banyak user interface dari waktu ke waktu, penasaran seperti apa perkembangan ui dari samsung ? berikut ulsansan nya.

TouchWiz UI

TouchWiz adalah ui pertama yang dipilih Samsung untuk antarmuka pengguna khusus. Ini sering salah dianggap sebagai sistem operasi meskipun pada kenyataannya itu adalah tampilan antarmuka. Beberapa smartphone Samsung paling awal, seperti Samsung galaxy S1, menggunakan TouchWiz 3.0 sebagai antarmuka.

Dukungan Android datang dengan TouchWiz 3.0 pada tahun 2010 ketika Samsung meluncurkan smartphone Galaxy S pertama. Itu mempertahankan banyak elemen antarmuka karakteristiknya seperti ikon dan widget berwarna-warni. Samsung terus melakukan perbaikan pada iterasi berikutnya. TouchWiz 4.0 hadir pada tahun 2011 dengan Galaxy S II dan menampilkan peningkatan akselerasi perangkat keras dan gerakan multi-sentuh.

custom UI pertama kali diganti namanya menjadi TouchWiz Nature UX pada tahun 2012. Ini membawa beberapa fitur baru seperti efek riak air pada layar kunci dan Smart Stay. S Voice, asisten suara pertama Samsung, juga disertakan dalam iterasi ini. Palet warna diperbarui untuk mencerminkan warna alam yang menonjolkan hijau dan biru.

TouchWiz Nature UX 2.0 hadir pada tahun 2013 dengan Galaxy S4. Itu menambahkan fitur seperti Smart Scroll dan membuat tweak lebih lanjut ke elemen UI. Pada tahun-tahun berikutnya, Samsung akan merilis TouchWiz Nature UX versi 2.5, 3.0, 3.5 dan 4.0. Mereka membawa fitur baru, mengurangi kekacauan dari UI dan lebih condong ke arah minimalis.

"Nature UX" dihentikan ketika TouchWiz 5.0 dirilis pada tahun 2015 dengan Galaxy S6. Samsung melakukan pembersihan dengan versi ini. Ini menghapus banyak fitur duplikat, lebih membersihkan UI, menambahkan tampilan ikon dan menggunakan warna yang lebih sederhana untuk ikon. Elemen UI baru ditambahkan untuk tampilan melengkung yang diperkenalkan dengan tepi Galaxy S6.

TouchWiz 6.0 keluar tahun berikutnya. Samsung kembali melakukan perubahan signifikan. Warnanya dirombak, warna notifikasi baru ditambahkan, opsi penyesuaian baru dan fitur lainnya juga disediakan.

Samsung Experience

Pada tahun 2017, Samsung diam-diam mengubah nama TouchWiz menjadi Samsung Experience melalui Android 7.0 Nougat beta yang dirilis untuk Galaxy S7 dan Galaxy S7 edge. Versi pertama sebenarnya disebut Samsung Experience 8.0. Perusahaan membuat perubahan substansial pada UI-nya dengan iterasi ini. Seluruh tampilan dan nuansa dirombak agar tampil lebih minimalis dengan ikonografi yang konsisten.

Itu bertepatan dengan perubahan strategi perangkat keras Samsung juga. Galaxy S8 membuang tombol home fisik dan membawa tampilan yang lebih tinggi sehingga perusahaan harus memperbarui UI-nya untuk melengkapi perubahan tersebut. Samsung Experience versi 8.1, 8.5, 9 dan 9.5 dirilis pada tahun-tahun berikutnya. Mereka menambahkan fungsionalitas baru, membersihkan UI lebih jauh, memperkenalkan Bixby, dan banyak lagi.

One UI

Dan ini adalah antarmuka samsung paling baru, dan paling keren menurut kamu. Samsung secara mendasar mengubah antarmuka penggunanya dengan One UI. Iterasi pertama dirilis pada 2018 dengan Android 9 Pie. Perusahaan mengembangkan One UI dari awal untuk perangkat dengan layar besar. Itu ingin membuat penggunaan satu tangan lebih mudah sambil juga mendeklarasikan antarmuka sehingga terlihat bersih dan modern.

Beberapa fitur baru yang diperkenalkan dengan One UI 1.0 termasuk mode Malam di seluruh sistem, gerakan tombol navigasi, dan lift untuk membangunkan. Satu UI 1.1, 1.5, 2.0, 2.1 dan 2.5 kemudian dirilis. Setiap iterasi membawa fitur baru dan peningkatan antarmuka pengguna.

One UI 3.0 adalah perombakan besar pertama dari One UI. Ini dirilis pada akhir 2020 dengan Android 11. Kontrol volume telah diposisikan ulang, ada bayangan notifikasi baru dan layar kunci telah didecluttered. Tampilan dan nuansa dari banyak aplikasi asli seperti Telepon dan Pesan juga telah diperbarui. Samsung telah berfokus pada pemolesan dan penyempurnaan antarmuka dengan One UI 3.0. Beberapa fitur baru telah ditambahkan juga dengan One UI 3.1 yang datang dengan seri Galaxy S21.


Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel