-->

Iklan adsense

Menghasilkan Jurnal PTK itu Butuh Seni Pendampingan.

Tidak dapat dinafikan bahwa guru sangat berperan penting didalam mencerdaskan kehidupan bangsa. Baiknya kualitas guru disuatu wilayah, maka akan berpengaruh signifikan terhadap perbaikan mutu pendidikan diwilayah tersebut, demikan pula sebaliknya. Oleh karena itu, empat kompetensi dasar bagi guru (pedagogi, sosial, kepribadian dan professional) harus terus dimonitor untuk mewujudkan tujuan pendidikan nasional yang dituangkan didalam Pembukaan UUD 1945 dan UU No. 14 Tahun 2005 Tentang UU Guru dan Dosen.

Dengan pertimbangan tersebut, tim pengabdian dari Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas Lancang Kuning melakukan kegiatan pendampingan penulisan karya tulis ilmiah (jurnal) melalui desain Penelitian Tindakan Kelas. Dalam implementasinya, kegiatan pendampingan ini melibatkan mahasiswa dari Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris (PBIG) yang mengikuti praktek pengalaman lapangan (PPL). 

Kegiatan pendampingan penulisan jurnal tersebut dipandu oleh dosen PBIG yang berpengalaman dalam penulisan karya tulis ilmiah yakni Dr. Herllinawati M.Ed, Syahdan S.S., M.Pd, dan Syaifullah, S.Pd, M.Pd. Proses kegiatan pendampingan berjalan selama lima bulan, mulai dari Agustus 2021 sampai dengan Januari 2022. Kegiatan pendampingan dimulai dari sosialisasi kegiatan kepada para guru Bahasa Inggris di SMA Negeri 6 Tualang dan SMA Negeri 2 Tualang. Kegiatan ini dilanjutkan dengan kegiatan belajar mengajar (KBM) berbasis Penelitian Tindakan Kelas (PTK).
Menghasilkan Jurnal PTK itu Butuh Seni Pendampingan.
Gambar. Anggota tim Pengabdian bersama pendidik SMA Negeri 6 Tualang

Selama kegiatan KBM guru menyiapkan seperangkat instrumen berupa lembaran observasi dan catatan lapangan yang digunakan sebagai data pelaporan kegiatan.  Selanjutnya guru membuat draft laporan penelitian dalam format jurnal. Sampai dengan berita ini disampaikan, ada tiga draft jurnal yang dihasilkan untuk direview dan akan segera dikirimkan ke jurnal nasional terakreditasi. Melalui kegiatan pendampingan ini, tim pengabdian berharap agar intensitas publikasi ilmiah guru dapat ditingkatkan untuk perbaikan kualitas pengajaran didalam kelas.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel