-->

Iklan adsense

Kenapa Ram iPhone Lebih Kecil Daripada Android?

kenapa ram iphone kecil
iOS dan android adalah sistem operasi yang paling banyak digunakan pada perangkat mobile smartphone hingga saat ini dan persaingan kedua sistem operasi mobile ini dapat dipastikan akan terus berlanjut hingga kapan pun. pertanyaan yang sering muncul ketika ada perdebatan iOS vs Android adalah mengapa iPhone menggunakan jumlah ram yang lebih sedikit dibanding android? kenapa tidak menggunakan jumlah ram yang besar seperti android ?

jika kamu pernah membandingkan antara smartphone flagship android dengan flagship iPhone yang di produksi di tahun yang sama atau hanya berbeda beberapa waktu saja kamu akan menyadari bahwa iPhone selalu memiliki jumlah ram yang lebih sedikit dibanding android. dan fakta nya iPhone tidak iPhone tetap menjadi ponsel terkencang dibanding android yang menggunakan ram besar.

flagship android terbaru menggunakan ram 8 GB bahkan 12 GB untuk smartphone gaming dan iPhone tidak memerlukan ram sebesar itu untuk membuktikan smartphone tercepat. flagship terbaru iPhone hanya menggunakan ram 4 GB, lalu apa alasan ram iphone lebih kecil dibanding android?

Kenapa Android Membutuhkan Banyak Penggunaan Ram?


kenapa ram iphone sedikit
jawaban nya sederhana, android membutuhkan banyak penggunaan ram untuk dapat berjalan optimal berbeda dengan iOS hal ini disebabkan perbedaan bahasa pemograman yang digunakan untuk merancang sistem operasi kedua perangkat ini.

android dikembangkan menggunakan bahasa pemograman java karena java menggunakan virtual machine atau virtual mesin yang digunakan untuk compile kode agar dapat berjalan di bergbagai perangkat dan prosesor berbeda. sedangkan iOS dikembangkan dengan Swift.

karena java telah dirancang sedemikian, memori yang tidak lagi digunakan karena aplikasi yang telah di tutup harus di proses kembali oleh smartphone melalui proses yang dikenal Garbage Collection(GC). memori yang tidak digunakan(Garbage) harus diproses kembali agar dapat digunakan untuk aplikasi lain. cara ini sangat efektif kelancara proses android tapi efek buruk nya android membutuhkan banyak ram untuk melakukan proses ini.

dan apa yang terjadi jika android kekurangan ram ? proses garbage collection akan melambat. inilah sebab kenapa android memiliki jumlah ram dua kali lipat dibanding iOS.

selain itu android terus berkembang cepat dan semakin banyak pula aplikasi yang berjalan di background maka perlu ram yang besar untuk menangani aplikasi yang berjalan di background agar tetap berjalan optimal dan tidak ada kesalahan.

Kenapa iPhone Memiliki Ram Kecil?


alasan ram iphone kecil
iOS tidak memiliki proses Garbage Collection untuk mengatur penggunaan memori. iPhone tidak perlu melakukan proses ini untuk mengembalikan penggunaan memori ke aplikasi lain. oleh karena itu iphone tidak perlu memerlukan ram tambahan untuk melakukan proses Garbage Collection.

selain itu, Apple memiliki kendali lebih atas iOS. Apple tahu jenis perangkat keras dan pernagkat lunak yang digunakan untuk menjalankan iOS sehingga membuatnya dapat berjalan sangat optimal.

jika dibandingkan dengan android. dikembangkan dengan java dan dikonfigurasi secara fleksibel agar dapat berjalan diberbagai jenis perangkat keras dan perangkat lunak.


0 Response to "Kenapa Ram iPhone Lebih Kecil Daripada Android?"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

close