-->

Iklan adsense

Kenali Jenis User Interface Terbaik Android | One Ui Hingga JoviOS

macam macam ui android
User interface atau bisa di singkat UI adalah merupakan bentuk tampilan grafis yang berhubungan langsung dengan pengguna. user interface berfungsi untuk menghubungkan antara pengguna dengan sistem operasi, sehingga ponsel tersebut bisa digunakan.

setiap brand smartphone pasti memiliki tampilan user interface yang berbeda. dan setiap ui itu memiliki ciri khas nya sendiri. lalu ui apa saja yang kamu tahu ?

salah satu user interface yang cukup populer adalah One Ui, One ui dibuat dan di peruntukan khusus untuk smartphone samsung saat ini. selain one ui masih ada banyak jenis user interface yang digunakan. penasaran apa saja ? simak ulasan berikut.

Macam Macam UI Android

  1. One UI - Samsung
  2. MIUI - Xiaomi
  3. Color Os - Oppo
  4. Zen UI - Asus
  5. EMUI - Huawei
  6. Stock Android
  7. Oxygen OS
  8. Fun Touch OS - Vivo

Sebenar nya masih ada lagi jenis user interface namun yang masih eksis hingga saat ini adalah ke delapan UI tersebut.

One UI


one ui samsung
One ui adalah user interface yang dibuat khusus untuk perangkat mobile samsung, mulai dari smartphone hingga tablet. ui ini pertama kali diperkenal kan pada desember 2018 dan masih digemari hingga saat ini. UI buatan samsung ini cukup sederhana namun tetap memberikan fitur unik seperti :


Fitur One Ui

  1. Folder yang lebih aman
  2. Full Screen Gesture
  3. Fitur Edge Screen
  4. One Hand Use
  5. Layar Hidup, Ketika Ponsel Diangkat
  6. Pop Up View
  7. Split Screen View
saat ini one ui bersiap untuk meluncurkan one ui 2.0 yang sudah banyak ditunggu fans samsung. lalu apa perbedaan dengan one ui 1? perbedaan one ui 2 bisa kamu baca di postingan sebelum nya.

MIUI

miui 11 xiaomi

Xiaomi merilis smartphonenya dengan MIUI, pertama kali dirilis pada tahun 2010 dan masih bertahan hingga kini. Selain perangkat Mi dan Redmi, Poco sub-mereknya juga menggunakan versi MIUI. Tidak seperti OxygenOS, MIUI datang dengan beberapa bloatware, namun hal ini dapat dengan mudah dihilangkan.

Fitur MIUI

  1. Dark Mode
  2. Management Screenshoot
  3. Tampilan Icon
  4. Unlock By Voice Command
  5. Power Saving

Color OS


color os oppo
Colos Os adalah UI yang digunakan pada smartphone OPPO dan beberapa ponsel Realme, Oppo adalah induk perusahaan dari realme dan One Plus. walaupunya hubungan yang erat dengan One Plus UI ini sangat berbeda dengan Oxygen OS.

saat ini realme sedang mempersiapkan realme ui 2.0 untuk beberapa tipe smartphone realme.

Fitur Color Os

  1. Dark Mode
  2. Icon Pack
  3. Asisten Cerdas
  4. Navigasi Gesture
  5. Bola Bantu

Zen Ui

ZEN UI 6 ASUS
ASUS ZenUI adalah antarmuka sentuh ujung depan yang dikembangkan oleh ASUS dengan mitra, yang menampilkan antarmuka pengguna sentuhan penuh. Versi saat ini adalah ZenUI 6 ZenUI digunakan oleh Asus untuk ponsel Android dan komputer tablet.

Fitur Zen UI

  1. Personalisasi Layar Utama
  2. Game Genie
  3. Membuka Aplikasi Ganda
  4. Melihat Notifikasi saat Layar Terkunci
  5. Trik Notifikasi dan Setelan Cepat


EMUI

oxygen os oneplus
Huawei dan sub brand mereka yaitu Honor menggunakan user interface ini. dahulu nya EMUI bernama Emotion Ui. Huawei Mate 20 menggunakan EMUI versi 9 dan menggunakan OS android 9. EMUI 9 dikabar kan membawa performa yang kencang dan UI yang mudah di akses.

Fitur EMUI

  1. GPU Turbo
  2. Dark Mode
  3. Inovasi EROFS super file system
  4. Video Call HD (EMUI 10)

Stock Android

android stock
Stock android adalah interface original dari android tanpa ada tambahan bloatware dan perubahan tampilan dan fitur berbeda dari UI lain nya yang telah dimodifikasi oleh brand smartphone. tidak banyak yang menggunakan UI ini. hanya smartphone Android One saja yang menggunakan UI ini.

Fitur Stock Android

  1. Hemat Baterai
  2. Keamanan Lebih baik
  3. Quick Action
  4. Voice Assistant

Oxygen OS

OXYGEN OS ONE PLUS
OxygenOS adalah sistem operasi berbasis Android yang dikembangkan oleh produsen ponsel pintar Cina OnePlus khusus untuk ponsel cerdas mereka. OxygenOS dikembangkan untuk pasar luar negeri mereka. Ada juga versi lain dari OS yang dirancang khusus untuk pasar dalam negeri Cina yang disebut HydrogenOS.

Fitur Oxygen OS

  1. Menyembunyikan Notch
  2. Tambahan Fitur pada Kamera
  3. Video Editor Bawaan
  4. Gaming Mode Network Boost
  5. Slider Penanda Notifikasi

Funtouch OS

functouch vs jovi os vivo
Terakhir adalah Funtouch Os yang digunakan oleh smartphone vivo. namun saat ini kabar nya vivo sedang mengembangkan UI baru untuk menggantikan Funtouch Os. UI apakah itu ? Jovi os. vivo x30 dikabar kan akan menggnakan UI terbaru ini

Fitur Funtouch OS

  1. Dark Mode
  2. Smart Scene Jovi
  3. Poster Lock Screen
  4. Smart Launcher
  5. Game Box

Kesimpulan

Setiap user interface memiliki ciri khas masing masing dan punya keunggulan masing masing dan rata rata setiap UI memiliki fitur yang mirip namun hanya dibedakan dengan penamaan saja. mana yang menjadi UI favorit kamu ?

0 Response to "Kenali Jenis User Interface Terbaik Android | One Ui Hingga JoviOS"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

close