-->

Iklan adsense

Cara Mengambil Screenshot di windows 11

Mengambil tangkapan layar tampak seperti hal yang mudah di ponsel Anda, tetapi ini bisa menjadi proses yang sedikit lebih lama untuk pengguna windows, terutama Windows 11. Ada beberapa cara untuk mengambil screenshot di Windows 11, yang juga berlaku untuk Windows 10, meskipun Windows 11 memiliki Snipping Tool yang telah ditingkatkan. 

Jadi jika pertanyaan di benak Anda adalah bagaimana cara mengambil tangkapan layar di Windows 11, inilah cara yang dapat anda lakukan.

Menggunakan tombol PrtSc

cara mengambil tangkapan layar di windows

Menggunakan PrtSc

  1. Temukan tombol PrtSc di keyboard Anda, dan tekan. Jika Anda hanya ingin menangkap aplikasi yang sedang Anda gunakan dan bukan seluruh layar, tekan Alt + PrtSc. Pada beberapa laptop dengan tombol PrtSc sebagai tombol fungsi, Anda mungkin juga perlu menahan tombol Fn.
  2. Buka Microsoft Paint, dan rekatkan layar yang diambil menggunakan klik kanan -> tempel, atau Ctrl + V.
  3. Simpan gambar menggunakan opsi menu File -> Save/Save As dari menu bar atau dengan menekan Ctrl + S. 
Atau, jika Anda ingin langsung membagikan tangkapan layar ini dalam percakapan seperti email atau obrolan, Anda dapat langsung mempaste-kan di sana dari pada melalui Microsoft Paint terlebih dahulu. Dalam hal ini, tangkapan layar tidak akan disimpan secara lokal di komputer Anda.

Jika Anda ingin tangkapan layar disimpan secara otomatis, ada beberapa cara untuk melakukannya.

Menggunakan tombol Windows + pintasan tombol PrtSc

  1. Tekan tombol Windows dan tombol PrtSc secara bersamaan. Pada beberapa laptop dengan tombol PrtSc sebagai tombol fungsi, Anda mungkin juga perlu menahan tombol Fn.
  2. Layar akan redup sesaat, dan ambil tangkapan layar. Tangkapan layar akan secara otomatis disimpan ke folder Pictures -> Screenshots.

Untuk sebagian besar komputer Windows 11, PrtSc, alias tombol Print Screen, adalah cara paling mudah untuk mengambil tangkapan layar.

Menggunakan Snipping Tool

Cara Mengambil tangkapan layar di windows 11

Snipping Tool juga ada di Windows 11. Sekarang alat tangkapan layar all-in-one, memungkinkan Anda menangkap, mengedit, membuat sketsa, dan banyak lagi, dengan tangkapan layar yang diambil. 

Ada beberapa cara untuk memunculkan Snipping Tool,
  1. Tekan tombol Windows + Shift + S atau tombol Snipping Tool jika ada di keyboard laptop Anda. Jika tombol Snipping Tool adalah tombol fungsi, Anda mungkin juga perlu menekan tombol Fn.
  2. Layar akan meredup dan memunculkan menu Sniping Tool di bagian atas. Pilih antara Rectangular Snip, Freeform Snip, Window Snip, dan Fullscreen Snip sesuai keinginan Anda.
  3. Setelah pilihan Anda selesai, Windows 11 akan mengirimkan pemberitahuan yang mengatakan Snip disalin ke clipboard. Klik untuk membuka tangkapan layar di Snipping Tool.
  4. Edit sesuai kebutuhan Anda menggunakan alat yang ada. Klik ikon floppy disk di kanan atas untuk menyimpan tangkapan layar ke komputer Anda. Anda dapat mengganti nama file dan memilih format (PNG, JPG, atau GIF) pada tahap ini.
Anda juga dapat menetapkan tombol PrtSc untuk membuka Snipping Tool. Masuk saja ke pengaturan Aksesibilitas di Windows 11, lalu ke tab Keyboard, dan nyalakan tombol Use the Print screen to open screen snipping.

Gunakan Xbox Game Bar

Terakhir adalah cara yang lebih rumit untuk mengambil screenshot, secara fungsional hal ini sama seperti metode Print Screen, tetapi dengan langkah ekstra.
  1. Tekan tombol Windows + G secara bersamaan.
  2. Hamparan Xbox Game Bar akan muncul. Di sisi kiri atas layar, akan ada jendela mengambang berlabel Capture.
  3. Jendela Capture akan menampilkan jendela aktif di panel bawah. Jika Anda ingin menangkap layar penuh, pastikan tidak ada jendela tertentu yang aktif. Anda dapat melakukannya dengan mengklik bilah tugas sebelum menekan tombol Windows + G.
  4. Klik ikon kamera untuk mengambil tangkapan layar. Anda akan mendapatkan pemberitahuan bergaya Xbox yang mengatakan Tangkapan layar disimpan.
  5. Xbox Game Bar akan secara otomatis menyimpan tangkapan layar ke folder pengambilan. Ini biasanya terletak di Drive C -> Pengguna -> Nama Pengguna Anda -> Video -> Tangkap.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel