-->

Iklan adsense

3+ Cara Mengatasi Kecerahan Laptop Tidak Bisa Diatur Dijamin Ampuh

Pediainfo.com - 3+ Cara Mengatasi Kecerahan Laptop Tidak Bisa Diatur Dijamin Ampuh. Adapun brightness adalah salah satu bagian penting di monitor yang ada di perangkat laptop ataupun komputer. Kegunaan dari brightness yaitu untuk mencerahkan layar laptop sehingga lebih nyaman di mata ketika digunakan. Pada model OS Windows, kecerahan bisa diatur secara otomatis maupun manual. Di bawah ini ada pembahasan tentang cara mengatasi kecerahan laptop tidak bisa diatur dengan mudah dijamin berhasil yang bisa Anda terapkan.

3-cara-mengatasi-kecerahan-laptop-tidak-bisa-diatur-dijamin-ampuh

Dalam sejumlah kasus, fitur pengaturan brightness laptop tak berguna atau tidak dapat diatur sama sekali. Hal ini menyebabkan layar monitor laptop menjadi tampak cukup gelap atau terlalu terang tanpa dapat diatur. Ini mengakibatkan pandangan mata pengguna menjadi tidak nyaman dan akhirnya membuat pengoperasian perangkat laptop menjadi terganggu. Untuk mengatasinya, Anda bisa simak pembahasannya berikut ini.

Cara Mengatasi Kecerahan Laptop Tidak Bisa Diatur yang Paling Mudah

Sebelum mengetahui cara mengatasi kecerahan laptop tidak bisa diatur, Anda perlu memahami penyebab kecerahan pada laptop tak dapat diatur. Salah satu penyebabnya yaitu terjadinya driver display error atau terdapat bug. Selain itu, bisa saja driver display tak bisa bekerja dengan baik. Bisa juga penyebab kecerahan laptop tak bisa diatur yaitu adanya infeksi malware dan virus. Berikut ini ada pembahasan tentang cara mengatasi kecerahan laptop yang tak bisa diatur, untuk selengkapanya dibawah ini :


1. Memastikan Driver Display Sudah Bekerja

Pertama dalam cara mengatasi kecerahan laptop tidak bisa diatur yaitu dengan memastikan driver display telah bekerja. Sebagai informasi, ketika menyalakan laptop dan muncul tampilan booting ataupun sistem operasi mengartikan mekanisme laptop sudah berfungsi. Supaya lebih pasti, Anda bisa cek kondisi driver hardware yang berhubungan dengan komponen display. Caranya yakni:
- Pertama-tama silahkan buka aplikasi Device Manager
- Setelah itu, klik tombol Win + X dan tekan Device Manager
- Kemudian cek bagian atau komponen Display Adapters
- Pilih opsi Driver GPU yang tersedia seperti AMD, Intel, atau Nvidia
- Tekan kanan lalu klik Properties
- Di bagian Device status, harap pastikan sudah tertulis Working Properly
- Anda bisa mengulangi langkah di atas untuk komponen Monitors

2. Melakukan Update OS Windows

Opsi berikutnya dalam cara mengatasi kecerahan laptop tidak bisa diatur yaitu dengan melakukan update OS Windows. Caranya sangat mudah antara lain:
- Tekan bersamaan tombol Win + X lalu klik Settings
- Setelah itu, buka pilihan Update & Security
- Kemudian tekan tombol Check for Updates dan silahkan tunggu sampai selesai. Nantinya OS Windows otomatis mengunduh dan menginstal pembaruan kalau ada
- Lalu tekan View Optional Updates
- Di bagian Driver Updates, tekan tanda centang di semua pembaruan driver
- Jika sudah, tekan tombol Download and install
- Tunggu sampai proses mengunduh dan instalasi driver sudah selesai

3. Menginstal Driver GPU

Terakhir dalam cara mengatasi kecerahan laptop tidak bisa diatur yaitu dengan menginstal driver GPU. Caranya sangat mudah yakni:
-Pertama-tama Anda bisa cari driver perangkat GPU untuk laptop yang dipakai
-Kemudian instal driver itu dengan mengikuti alur langkah-langkahnya sampai selesai
-Terakhir, restart komputer kalau diperlukan

Akhir Kata

Itulah pembahasan tentang cara mengatasi kecerahan laptop tidak bisa diatur dengan mudah dijamin 100% berhasil yang bisa Anda coba kapan jika membutuhkan tutorial ini. Silahkan ikuti tata cara di atas dengan tepat agar tidak ada kendala ketika proses berlangsung.

0 Response to "3+ Cara Mengatasi Kecerahan Laptop Tidak Bisa Diatur Dijamin Ampuh"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

close