-->

Iklan adsense

3 Cara Mengatasi SSD Tidak Terbaca Terbukti 100% Work

Pediainfo.com - 3 Cara Mengatasi SSD Tidak Terbaca Terbukti 100% Work. Adapun SSD merupakan teknologi baru di dunia penyimpanan data sekaligus evolusi dari teknologi SSHD dan HDD yang sudah ada terlebih dahulu. SSD memiliki segudang keunggulan dibandingkan HDD konvensional. Salah satu keunggulannya yaitu memiliki performa yang jauh lebih baik daripada SSHD ataupun HDD. Inilah cara mengatasi SSD tidak terbaca dengan mudah dijamin berhasil yang bisa Anda coba langsung sekarang. 

3-cara-mengatasi-ssd-tidak-terbaca-terbukti-100-work

Umumnya SSD mempunyai ukuran yang lebih kecil dan tipis kalau dibandingkan dengan HDD atau SSHD. Selain itu, kecepatan read atau rewritenya jauh berbeda walaupun mempunyai desain yang tergolong lebih ringkas. Kendati demikian, tetap saja SSD memiliki kekurangan dan masalah tersendiri, yakni tidak bisa terbaca. Jika Anda tengah mengalami masalah SSD tidak terbaca bisa Simak cara mengatasinya di bawah ini.

Cara Mengatasi SSD Tidak Terbaca Dengan Mudah

SSD bisa tidak terbaca karena mengalami kerusakan pada sistemnya. Hal ini membuat SSD tidak muncul di Disk Manager ataupun File Explorer meskipun sudah tersambung dengan benar ke perangkat komputer. Kendati demikian, Anda tidak perlu khawatir jika hal itu mengartikan SSD tak bisa digunakan lagi. Inilah cara mengatasi SSD tidak terbaca yang menjadi solusi atas masalah tersebut.

1. Memperbarui Driver Pengontrol Penyimpanan

Cara untuk mengatasi SSD tidak terbaca yang pertama yaitu dengan memperbarui driver pengontrol penyimpanan. Caranya sangatlah mudah dan bisa diikuti oleh orang awam sekalipun. Inilah cara mengatasi SSD tidak terbaca dengan memperbarui driver pengontrol penyimpanan sekarang juga:
- Pertama-tama silahkan tuliskan Device Manager di kolom pencarian
- Setelah itu, cari dan tekan opsi Storage Controllers
- Kemudian tekan kanan di bagian Microsoft Storage Space Controllers
- Lanjutkan dengan tekan pilihan Update Driver
- Terakhir ketuk di bagian ‘Search Automatically for Update…
- Sesudah itu, windows otomatis menginstal pembaruan yang ada
- Jika sudah, Anda bisa restart PC dan buka Disk Manager ataupun File Explorer untuk melihat apakah SSD sudah terdeteksi atau justru belum

2. Mengubah Mode Pengontrol SATA di Menu BIOS

Anda juga bisa mengkonfigurasi pengontrol SATA yang ada di menu BIOS untuk mengatasi SSD tidak terbaca. Nah, inilah cara mengatasi SSD tidak terbaca dengan mengubah mode pengontrol di SATA:
- Pertama-tama Anda bisa restart perangkat komputer dan masuk ke dalam menu BIOS
- Jika sudah, silahkan navigasikan ke Storage Options, lalu Serial ATA, dan SATA Configuration
- Kemudian tekan IDE Compatibility Mode
- Setelah itu, simpan perubahan dan silahkan restart kembali komputer Anda
- Sesudah melakukan cara tersebut, maka seharusnya BIOS sudah mengenali SSD

3. Memperbaiki dengan Windows Memory Diagnostic Tools

Masalah memori di Windows juga kerap membuat SSD tidak bisa dikenali. Karena itu, Anda bisa memanfaatkan tools Windows Memory Diagnostic. Dengan begitu, Anda bisa menyerahkan perbaikan di memori penyimpanan pada Windows sekaligus mengatasi SSD yang tak terbaca. Inilah cara mengatasi SSD tidak terbaca dengan Windows Memory Diagnostic Tools:
- Pertama-tama Anda bisa mencari Windows Memory Diagnostic di dalam bilah pencarian
- Setelah itu, tekan kanan di hasil pencarian serta klik opsi Run as Administrator
- Terakhir, Anda bisa klik di opsi ‘Restart Now and Check Problems

Penutup

Inilah cara mengatasi SSD tidak terbaca dengan mudah dijamin berhasil yang dapat Anda terapkan sekarang juga. Apabila cara-cara di atas tetap tidak memunculkan SSD Anda, ada baiknya bawa perangkat tersebut ke ahlinya untuk mendapatkan perbaikan yang benar.

0 Response to "3 Cara Mengatasi SSD Tidak Terbaca Terbukti 100% Work "

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

close